Mengenal Fitur LaneWatch di Mobil Honda, Apa Sih Gunanya?

Sabtu, 18 Maret 2023 - 23:05 WIB
loading...
Mengenal Fitur LaneWatch di Mobil Honda, Apa Sih Gunanya?
LaneWatch berupa kamera yang diletakkan di spion sebelah kiri untuk memudahkan pengemudi berpindah jalur. Foto: dok HPM
A A A
JAKARTA - Fitur keamanan LaneWatch sudah banyak diadopsi di berbagai kendaraan baru. Termasuk juga di sejumlah varian Honda. Tapi, apa sebenarnya fungsinya?

LaneWatch merupakan fitur untuk membantu mengatasi blindspot berupa kamera di kaca spion kiri. Nantinya, pengendara dapat melihat hasil tangkapan kamera LaneWatch pada layar head unit mobil. Sehingga lebih mudah dibandingkan melirik ke kaca spion.

Selain memberikan visual dari kaca spion kiri, layar LaneWatch juga bisa menampilkan garis indikator. Fungsinya untuk mengetahui jarak mobil dengan kendaraan lain.

Mengenal Fitur LaneWatch di Mobil Honda, Apa Sih Gunanya?

LaneWatch bisa diaktifkan otomatis saat lampu sein kiri aktif. Atau, secara manual dengan menekan tombol pada tuas sein. LaneWatch berguna saat pengendara hendak berpindah jalur, baik di jalan perkotaan atau jalan tol.

Fitur LaneWatch yang juga ada di Honda WR-V tersebut sempat didemonstrasikan untuk menampilkan teknologi keselamatan berkendara di Indonesia dalam Vehicle Safety Course yang dihelat oleh ASEAN NCAP (New Car Assessment Program for Southeast Asia) dan MIROS beberapa waktu lalu.

Pihak ASEAN NCAP mensosialisasikan protokol pengujian yang digunakan untuk penilaian uji keselamatan mobil-mobil di Asia Tenggara.

Mengenal Fitur LaneWatch di Mobil Honda, Apa Sih Gunanya?

Berdasarkan pengujian ASEAN NCAP, sepuluh mobil Honda yang telah meraih predikat tingkat keselamatan tertinggi adalah Honda City, Honda Civic, Honda CR-V, Honda Jazz, Honda HR-V, Honda BR-V, Honda Brio, Honda Amaze, Honda Accord dan produk Small SUV terbaru Honda, WR-V yang dikenalkan Januari 2023 lalu. Produk Honda telah meraih predikat tingkat keselamatan tertinggi ASEAN NCAP sejak tahun 2012 hingga tahun 2023.

“Pencapaian Honda dari ASEAN NCAP merupakan komitmen Honda terhadap keselamatan penggunanya,” beber Yusak Billy, Business Innovation and Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

Menurut Billy, fitur Honda LaneWatch di kaca spion kiri Honda WR-V sangat berguna untuk memberikan visibilitas dalam melihat kondisi jalan dengan lebih jelas.



“Kondisi jalan di sisi kiri kendaraan akan ditampilkan kedalam layar head unit, sehingga pengemudi dapat berkendara dengan lebih aman dan juga lebih percaya diri. Fitur ini diaktifkan hanya dengan menekan tuas sein kiri atau menekan tombol fitur ini di tuassein,”ujarnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4584 seconds (0.1#10.140)