Jangan Ditunda, Ini 5 Tanda Kampas Rem Mobil Anda Harus Segera Diganti

Senin, 10 Mei 2021 - 18:01 WIB
loading...
Jangan Ditunda, Ini 5 Tanda Kampas Rem Mobil Anda Harus Segera Diganti
Untuk mengetahui kapan saatnya mengganti kampas rem, pemilik mobil harus mengetahui ciri-cirinya. Foto/dok
JAKARTA - Salah satu bagian terpenting dari mobil adalah rem . Ini menjadi penting karena bisa sangat berbahaya jika sistem pengereman tidak bagus.

Dengan seringnya pemakaian, otomatis kampas rem lambat laut akan menipis. Banyak pemilik mobil yang belum tahu kapan saatnya mengganti kampas rem atau menambah minyak rem.

BACA: Angkat Wiper dari Kaca Mobil Saat Parkir, Waspadai Hal Ini

Untuk mengetahui kapan saatnya mengganti kampas rem, pemilik mobil harus mengetahui ciri-cirinya. Berikut lima ciri kampas rem harus diganti yang dikutip dari berbagai sumber.



1. Pedal Rem Terasa Bergetar

Hal pertama yang dirasakan pengendara ketika kampas rem sudah tipis adalah pedal terasa bergetar ketika diinjak. Karena kampas rem yang tipis membuat permukaannya tidak rata sehingga akan terasa bergetar.

Getaran yang terjadi akibat kampas rem habis juga bisa berdampak ke sistem kemudi. Selain tidak nyaman, kondisi ini juga bisa berbahaya bagi Anda dan seluruh penumpang.

2. Pedal Rem Terasa Dalam

Ciri lainnya bahwa kampas rem minta diganti adalah ketika di tekan pedal rem terasa dalam dari biasanya. Umumnya kondisi ini akan dirasakan apabila bagian kampas rem tromol di bagian roda belakang telah habis.

Rem tromol memiliki pegas pengembali sehingga meskipun piston bergerak jauh maka akan tetap kembali ke posisinya semula. Namun ketika kampas rem habis, gerakan piston harus jauh agar tromol bisa tertekan sehingga pedal rem harus ditekan lebih dalam untuk mencapai daya pengereman.



BACA JUGA: Puing Roket Long March 5B Sudah Jatuh ke Bumi, Diperkirakan Dekat Maladewa

3. Rem Kurang Pakem

Jika Anda merasakan rem kurang pakem, itu bisa dipastikan kalau kampas rem sudah habis. Alhasil, tenaga pengereman yang dihasilkan juga kurang maksimal meski Anda telah menekan pedal rem lebih dalam.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE