Ingin Dongkrak Mobil Saat Ganti Ban, Ikuti Langkah Ini Biar Aman

Selasa, 18 Mei 2021 - 18:45 WIB
loading...
Ingin Dongkrak Mobil Saat Ganti Ban, Ikuti Langkah Ini Biar Aman
Jangan terburu-buru dalam mendongkrak ban untuk mengganti ban mobil. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Mendongkrak mobil saat mengganti ban terkadang terlihat remeh. Padahal banyak orang yang justru salah melakukannya dan malah bikin masalah baru karena dongkrak terpeleset dan mobil jadi sulit diangkat lagi.

Hal ini pernah dirasakan Amirudin, warga Bekasi, Jawa Barat saat ingin mengganti ban mobil Toyota Kijang kapsul miliknya. Saat itu dia salah mendongkrak bagian mobil yang harus diangkat. Alhasil dongkrak terjatuh dan mobil langsung terjatuh dan semakin sulit diangkat. "Untung banyak orang yang mau bantu saat itu jadi bisa diangkat lagi," kenangnya.



Memang mendongkrak mobil perlu dilakukan dengan hati-hati. Bahkan urusan dongkrak-mendongkrak mobil dibahas juga di dalam manual book mobil yang telah dibeli “Pertama yang harus dilakukan adalah memarkir kendaraan pada area yang datar dan keras. Kemudian posisikan dongkrak mobil pada titik dongkrak yang telah ditentukan seperti dijabarkan di dalam manual book,” tutur Rafi’i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak.

Ingin Dongkrak Mobil Saat Ganti Ban, Ikuti Langkah Ini Biar Aman


Konstruksi sasis mobil umumnya menggunakan tipe monocoque, seperti mobil Peugeot dimana pabrikan mobil ini sudah menentukan 4 titik sebagai tumpuan dongkrak yang aman pada sasis. Selain itu di mobil pabrikan asal Prancis, biasanya terdapat stiker larangan area komponen yang tidak disarankan sebagai titik tumpu ketika mendongkrak. Seperti contoh di area rumah as gardan belakang.

Untuk mobil yang memiliki titik tumpu pada rocker panel bodi, biasanya terletak pada bagian samping di bawah side skirt. Titik tumpu ini juga diberikan sebuah tanda khusus guna mudah ditemukan.

Mengenai posisi pastinya, apabila ingin mendongkrak roda bagian depan, biasanya letak titik tumpunya terletak di belakang ban depan. Sebaliknya untuk ban belakang, letak titik tumpu ini biasanya terletak pada depan ban belakang.

Jenis mobil yang menggunakan titik tumpu rocker panel bodi biasanya ada di tipe sedan, city car, hatchback, low MPV, dan low SUV. Lalu untuk titik tumpu mobil-mobil SUV, khususnya SUV dengan sasis ladder frame.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3121 seconds (0.1#10.140)