Ternyata Begini Tenaga dan Fitur-Fitur Daihatsu Rocky

Rabu, 26 Mei 2021 - 15:10 WIB
loading...
Ternyata Begini Tenaga dan Fitur-Fitur Daihatsu Rocky
Daihatsu Rocky. FOTO/ SINDOnews
CIKARANG - Sebuah mobil tangguh dengan kenyamanan dan fitur keamanan itu yang dipersembahkan Daihatsu Rocky. Dengan konsep stylish membuat mobil compact SUV menjadi mobil premium. Itu menjadi kesan pertama ketika SINDOnews menjajal SUV yang resmi diperkenalkan secara virtual di Indonesia pada 30 April 2021 lalu.

Di Test Course R&D Center (Research and Development) PT Astra Daihatsu Motor, Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang merupakan fasilitas R&D terbesar di Indonesia, awak media langsung menjajal kecanggihan Daihatu Rocky 1.0L dengan varian A.S.A (Advanced Safety Assist), dan ADS (Astra Daihatsu Styling). BACA JUGA - Gerhana Bulan Total, Keindahan Ciptaan Tuhan Ini Akan Terlihat di Langit Besok

Untuk membuktikan ketangguhan Daihatsu Rocky, berbagai macam uji pengetesan, mulai dari tes performa, keselamatan, hingga climbing test. Pada pengetesan performa, di Test Course ADM untuk menunjukkan teknologi Turbocharged mesin Rocky 1.0L 1KR-VET yang memberikan performa dan akselerasi layaknya mesin dengan kapasitas lebih besar.

Selain itu, salah satu fitur canggih keamanan A.S.A, seperti Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention membantu pengendara dengan memberi peringatan dan mengembalikan posisi kendaraan agar tetap pada jalurnya. Saat berakselerasi, Rocky 1.0L dilengkapi dengan teknologi transmisi D-CVT (Continuously Variable Transmission) terbaru Daihatsu.
Ternyata Begini Tenaga dan Fitur-Fitur Daihatsu Rocky

Yakni Dual Mode CVT, yang menghadirkan pengalaman berkendara lebih halus, responsif, sekaligus tetap hemat bahan bakar. Sedangkan pada uji keselamatan, salah satu fitur A.S.A penting lainnya, Daihatsu memberikan pengalaman berkendara lebih aman, seperti Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking yang dapat membantu pengendara.

Seperti memberi peringatan dan melakukan pengereman secara otomatis untuk mengurangi dampak dari tabrakan dengan kendaraan di depan akibat situasi jarak yang terlalu dekat, maupun terlambat dalam melakukan pengereman. Lalu, pada climbing test, juga diajak untuk mencoba langsung performa Rocky dalam melewati jalanan menanjak dengan berbagai sudut ketinggian.



Yang mana menggambarkan kondisi jalanan menanjak di Indonesia, didukung fitur HSA (Hill Start Assist), yakni teknologi yang membantu pengemudi dengan mencegah mobil agar tidak mundur saat berhenti di jalanan menanjak. Rocky dibekali dengan rear parking camera dan back sonar yang dapat membantu visibilitas pengendara agar lebih aman saat bermanuver mundur.

Daihatsu Rocky juga dilengkapi dengan SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang, ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), VSC (Vehicle Stability Control). Sehingga, tak heran apabila Daihatsu Rocky layak menjadi pilihan bagi Sahabat yang berjiwa muda dan ingin tampil eksis.

”Setelah diluncurkan, Daihatsu ingin Sahabat Jurnalis merasakan sensasi berkendara Daihatsu Rocky yang lebih aman dan nyaman, disertai beragam fitur unggulan canggih terkini yang bisa langsung dicoba di fasilitas R&D Center terbesar di Indonesia,” kata R&D Testing Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Audi Tarantini.

ADM Pastikan Inden Daihatsu Rocky Hanya Dua Bulan

Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, indel mobil terbarunya untuk para konsumen diprediksi hanya dua bulan saja. Sebab, inden terjadi karena suplai yang terbatas.”Kemungkinan inden hanya dua bulan saja, saya pastikan hanya dua bulan,” katanya.

Menurut dia, Daihatsu Rocky sejak peluncurannya 30 April 2021 hingga 21 Mei 2021 sudah mengantongi 1.168 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Saat ini, pihaknya mendapatkan suplai 1.168 unit Rocky dengan jumlah ini seharusnya tidak ada inden.”Tetapi, total suplai yang didapatkan bukan hanya untuk dikirimkan kepada konsumen,” ucapnya.



Alasanya, jumlah suplai tersebut terbagi untuk kebutuhan pameran dan uji kendaraan atau test drive sebanyak 750 unit.”Kemudian sekitar 380 unit untuk ditujukan kepada konsumen. Maka dari itu dari 1.168 baru 380 unit yang dikirim ke konsumen, kemudian sisanya harus inden selama dua bulan dari pemesanan,” ungkapnya.
Ternyata Begini Tenaga dan Fitur-Fitur Daihatsu Rocky

Selain itu, kata dia, SUV ini termasuk model yang mendapatkan fasilitas diskon PPnBM 100 persen dari pemerintah, karena telah memenuhi syarat, yakni local purchase 70 persen. Maka dari itu, harga yang dijual menjadi lebih murah, yakni mulai Rp 214,2 juta sampai Rp 236,1 juta on the road DKI Jakarta.

Banderol tersebut untuk Rocky tipe 1.0 liter turbo, karena versi mesin 1.2 liter akan meluncur semester kedua tahun ini. Namun, karena diskon PPnBM 100 persen berakhir akhir bulan ini, maka mulai Juni 2021 banderol Rocky kembali naik. Sebab, insentif PPnBM fase kedua (Juni-Agustus) berlaku hanya 50 persen saja.

Hendrayadi Lastiyoso menambahkan, terhitung Juni 2021 ada penyesuaian harga untuk Rocky. Kenaikannya mulai Rp 8.3 juta sampai Rp 9.3 juta.”Jadi konsumen yang SPK Mei dan baru mendapatkan unit Juni, maka mohon maaf akan mendapatkan harga yang baru, atau sesuai dengan ketentuan PPnBM yang terbaru,” ungkapnya.
(wbs)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE