Mampu Cegah Aksi Pencurian, Begini Cara Kerja Immobilizer pada Mobil

Senin, 14 Juni 2021 - 18:07 WIB
loading...
Mampu Cegah Aksi Pencurian, Begini Cara Kerja Immobilizer pada Mobil
Pemilik mobil mungkin masih banyak yang tidak tahu dengan nama immobilizer, beserta fungsinya bagi kendaraan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Pemilik mobil mungkin masih banyak yang tidak tahu dengan nama immobilizer, beserta fungsinya bagi kendaraan. Immobilizer adalah sebuah sistem anti maling yang dapat bekerja dengan hasil mencegah mesin hidup, karena kunci kontak tidak sesuai.

Bahkan ketika pattern kunci itu sendiri sama. Sistem ini bekerja dengan memanfaatkan variasi gelombang radio sebagai identitas kunci pada mobil.



Dengan adanya sistem ini, maka hanya ada satu kunci kontak saja yang bisa digunakan untuk menyalakan mesin. Meskipun lubang ignition key dapat dimasuki oleh semua kunci.

Ada tiga komponen di dalam immobilizer yang saling bekerja sama untuk mendapatkan satu hasil sistem kerja maksimal.

Pertama transmitter, yang memiliki fungsi untuk mengirim gelombang radio dengan frekuensi tertentu untuk menuju ke bagian control module.

Kedua transponder, fungsinya adalah menerima sinyal gelombang radio yang telah dikirim ke control module untuk diidentifikasi.

Ketiga theft deterrent system, sesuai namanya, fungsi utama dari komponen ini adalah mengelola gelombang radio yang diterima, sesuai dengan identifikasi dari transponder.

Selanjutnya, theft deterrent system akan mengaktifkan atau menonaktifkan bagian sirkuit sistem pengapian serta relay fuel pump.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)