Jangan Salah Tiru, Kenali 9 Aliran Jenis Modifikasi Mobil

Selasa, 15 Juni 2021 - 18:45 WIB
loading...
Jangan Salah Tiru, Kenali  9 Aliran Jenis Modifikasi Mobil
Berbagai jenis modifikasi mobil yang ada saat ini membuat dunia modifikasi jadi sangat beragam dan berwarna. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Saat ini memodifikasi kendaraan menjadi tren di kalangan masyarakat pecinta otomotif khususnya di dunia permobilan. Tren modifikasi di Indonesia seiring waktu sudah mulai berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Mulai dari modifikasi ringan sampai modifikasi yang terkesan ekstrim.Tentunya dengan tujuan supaya tampilan mobil terlihat berbeda dari kebanyakan mobil di jalanan perkotaan.



Sebelum memodifikasi mobil kesayangan Anda ada beberapa hal yang mesti perlu kamu ketahui. Mengubah tampilan mobil, ternyata terdapat berbagai macam aliran yang bisa kamu jadikan sebagai refrensi pribadi sebelum melakukan modifikasi loh.

Apa saja aliran nya, berikut ini dikutip dari beberapa sumber mengenai macam-macam aliran modifikasi di Indonesia.

1. Japanese Domestic Market (JDM)
Jangan Salah Tiru, Kenali 9 Aliran Jenis Modifikasi Mobil


Aliran modifikasi jenis JDM saat ini sangat popular dan menjadi tren di kalangan masyarakat. Tren ini kebanyakan didominasi oleh anak-anak muda yang terinspirasi dari sebuah film balapan asal Jepang. Aliran modifikasi JDM ini mempunyai ciri khas, yaitu menggunakan komponen, sparepart dan aksesories pendukung lainnya yang berasal dari Jepang. Selain itu, biasanya bodynya dibuat lebih berwarna dan terlihat simpel dan bersih. DI dukung dengan stiker stiker ala jepang untuk melengkapi aliran tersebut

2. Stance
Jangan Salah Tiru, Kenali 9 Aliran Jenis Modifikasi Mobil


Aliran Modifikasi jenis Stance ini memiliki ciri khas yang dapat di lihat dengan ketinggian ground clearance yang sangat ceper. Rubahan ini memang hanya berfokus pada bagian kaki-kaki mobil, yaitu velg dan ban. Walaupun mobilnya dimodif ceper, tetapi tetap aman digunakan karena masih dalam batas wajar. Namun cukup kesulitan untuk mengendarai mobil ini di Indonesia melihat kontur jalan yang tidak semulus jalanan luar negeri.

3.Camber
Jangan Salah Tiru, Kenali 9 Aliran Jenis Modifikasi Mobil


Modifikasi camber ini tergolong cukup extrim dalam ubahan tampilan bentuk mobil. Hal yang dapat terlihat jelas memiliki ciri khas mobil dengan roda yang keluar dari fender serta posisi velg dan ban terlihat miring. Kemiringan ini sengaja diciptkan dengan menyetel sudut-sudut geometri roda (wheel aligment). Dan ukuran fender body mobil di costum lebih lebar yang dinamakan wide body untuk menutup roda yang offset.

4. Street Racing
Jangan Salah Tiru, Kenali 9 Aliran Jenis Modifikasi Mobil


Aliran modifikasi jenis ini menjadi tren juga di kalangan anak muda pecinta kecepatan. Sebab, ciri khas dari modifikasi ini terlihat sangat sporty di desain sedemikian rupa menyerupai mobil balap sirkuit. Padahal nyatanya mobil itu diperuntukkan untuk kegiatan sehari-hari. Banyak juga mobil bertipe sedan, Hatchback, MPV dan SUV yang menerapkan aliran modifikasi jenis street racing.

5. Hellaflush
Jangan Salah Tiru, Kenali 9 Aliran Jenis Modifikasi Mobil


Aliran modifikasi ini juga terbilang cukup extrim dengan melakukan banyak penggantian part pada sektor kaki-kaki mobil. Modifikasi jenis ini memiliki ciri khas dengan dimensi velg yang lebar dan juga besar dari ukuran standarnya. Penggunaan kaki-kaki ala hellaflush memang velg offset dengan ground clearance yang dibuat rendah alias sangat ceper bahkan sampai menyentuh permukaan tanah. Konsep aliran dari luar negeri ini juga banyak di terapkan di Indonesia.

6. VIP
Jangan Salah Tiru, Kenali 9 Aliran Jenis Modifikasi Mobil


Modifikasi jenis VIP dilakukan untuk tipe mobil yang tergolong premium seperti Alphard, BMW, dan yang lainnya. Modifikasi ini dilakukan untuk menambahkan kesan mewah dan elegant dari tampilan sebelumnya. Ubahan yang dilakukan pada aliran modifikasi jenis ini dengan penambahan interior mobil menggunakan mini bar, TV berukuran besar, Jok yang mewah dan lebar. Velg mobil untuk aliran VIP memakai velg ukuran inch yang besar dan berwarna crome kinclong dengan profil ban tipis

7. Retro
Jangan Salah Tiru, Kenali 9 Aliran Jenis Modifikasi Mobil


Sesuai namanya, Aliran modifikasi ini sangat cocok digunakan untuk mobil-mobil jadul dan klasik. Bagi Anda yang menyuka mobil klasik, Anda bisa menggunakan aliran retro. Konsep dari aliran retro yaitu mengutamakan konsep orisinalitas pada setiap part mobilnya, baik itu bagian interior maupun eksteriornya. Semakin banyak part ori yang dimiliki mobil tersebut maka semakin mendekati aliran modifikasi ini.

8. Ratrod dan Hotrod
Jangan Salah Tiru, Kenali 9 Aliran Jenis Modifikasi Mobil


Aliran ini hampir sama dengan aliran retro, ratrod ini juga menggunakan mobil klasik. Akan tetapi ratrod lebih menonjolkan bagian mesin big blocknya yang berada di atas kap mesin mobil dengan velg berwarna chrome dengan perpaduan ban berukuran besar bulat yang dibuat keluar dari bodi. Sedangkan untuk Hotrod sama namun body mobilnya menggunakan mobil usang dan berkarat untuk menambah unsur klasikna

9. Sleeper
Jangan Salah Tiru, Kenali 9 Aliran Jenis Modifikasi Mobil


Konsep aliran ini juga digemari banyak masyarakat khususnya anak muda yang tidak begitu peduli dengan penambahan aksesories pada body mobil. Aliran jenis ini hanya berfokus pada sektor perfoma mesin yang di upgrade sedemikian rupa hingga menjadi kencang dan bertenaga. Sesuai dengan namanya mobil tidur. Dilihat tampilan luar mobil standar pabrikan tetapi dari sektor dapur pacu membuat Anda bingung mobil standar bisa melaju sangat kencang
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2045 seconds (0.1#10.140)