Memahami Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Hybrid

Selasa, 06 Juli 2021 - 21:03 WIB
loading...
Memahami Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Hybrid
ilustrasi perawatan mobil listrik. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Pasar mobil Tanah Air sudah diramaikan dengan kehadira mobil bertenaga listrik dan hybrid. Namun, tak sedikit yang masih mengira bahwa keduanya merupakan jenis mobil yang sama, padahal berbeda.

Tujuan utama pembuatan kedua jenis kendaraan tersebut di industri otomotif memang mirip, yaitu untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak sebagai sumber tenaga.



Meski tujuannya serupa, tetapi mobil listrik dan hybrid adalah jenis yang berbeda. Berikut penjelasannya, dilansir dari laman Auto2000, Selasa (6/7/2021).

Mobil listrik

Ide pembuatan mobil listrik sudah muncul sejak abad ke-19. Namun realisasi ide ini hingga menjadi produk yang dapat digunakan oleh masyarakat luas memang memakan waktu sangat lama.

Bahkan hingga saat ini, mobil listrik belum dapat dinikmati oleh seluruh kalangan. Tidak hanya soal perihal harga saja, tetapi juga infrastruktur untuk mengisi daya dari mobil listrik ini.

Mobil listrik menjadi populer karena diklaim bebas emisi gas buang. Sebab, mobil ini tidak menggunakan bahan bakar minyak sebagai sumber tenaga.

Sebagai pengganti bahan bakar minyak, mobil listrik menggunakan tenaga listrik untuk sumber tenaga utama dan baterai sebagai sumber tenaga cadangan.

Perlu diingat, semakin tinggi kecepatan mobil, maka semakin tinggi pula konsumsi sumber tenaganya. Mobil akan lebih cepat kehabisan daya jika dipacu dalam kecepatan tinggi terus-menerus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)