Krisis Semikonduktor, Produksi Otomotif dan Suku Cadang Turun 6,6%

Minggu, 18 Juli 2021 - 12:09 WIB
loading...
Krisis Semikonduktor, Produksi Otomotif dan Suku Cadang Turun 6,6%
Krisis semikonduktor memaksa sejumlah industri otomotif di Amerika Serikat mengurangi produksi. Foto: dok/Reuters
A A A
WASHINGTON - Krisis semikonduktor memaksa sejumlah industri otomotif di Amerika Serikat mengurangi produksi. Akibatnya selama Juni 2021, industri otomotif dan suku cadang mobil mengalami penurunan 6,6%.

Dilansir Autoblog, Minggu (18/7/2021), Output pabrik di AS turun bulan lalu karena kekurangan chip komputer dan mengganggu produksi mobil. Produksi manufaktur turun 0,1% pada Juni, ini penurunan ketiga dalam lima bulan.



Secara keseluruhan, produksi industri – termasuk output di pabrik, tambang dan utilitas – naik 0,4% bulan lalu setelah meningkat 0,7% di bulan Mei. Output industri naik 9,8% dari tahun sebelumnya.

Kekurangan semikonduktor mendorong produksi mobil, truk dan suku cadang mobil turun 6,6% di bulan Juni. Tidak termasuk mobil, produksi industri naik 0,4% bulan lalu.

"Sektor manufaktur terus tertatih-tatih oleh kendala pasokan," kata Stephen Stanley, kepala ekonom di Amherst Pierpont Securities.



“Contoh profil tertinggi adalah perjuangan para pembuat mobil untuk mengatasi kekurangan chip," tambahnya.

Industri Amerika kembali bergairah ketika ancaman virus corona surut, meskipun kekurangan pekerja dan kesulitan mendapatkan pasokan tepat waktu.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)