Terlalu Berisiko, Jangan Pakai Headset Saat Mengendarai Sepeda Motor

Kamis, 22 Juli 2021 - 23:05 WIB
loading...
Terlalu Berisiko, Jangan Pakai Headset Saat Mengendarai Sepeda Motor
Tidak dianjurkan memakai headset saat naik sepeda motor karena bisa membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Sering kali terlihat khususnya pengguna kendaraan bermotor roda dua menyetel musik dengan menggunakan headset pada saat mengendarai motor. Sebagaian orang beranggapan bahwa dengan mendengarkan musik akan menambah kenyamanan berkendara dalam menggunakan sepeda motor.

Padahal itu dilarang dan tidak dianjurkan bahkan berbahaya serta dapat memicu kecelakaan. Melakukan kebiasaan seperti itu tentu berdampak buruk dan sangat besar risikonya.



Berikut ini resiko yang akan terjadi jika Anda menggunakan headset saat mengendarai sepeda motor:

1. Membuat konsentrasi berkurang

Alih-alih mendengarkan lagu dengan menggunakan headset sambil berkendara, sebenarnya hal itu dapat membuat konsentrasi menjadi terganggu. Sebab ancang-ancang dan sikap mawas diri Anda dengan sendirinya menjadi berkurang dikarenakan terganggu oleh musik yang di dengarkan melalui headset.

Anda tidak menaruh konsentrasi penuh pada keadaan lalu lintas di jalan sehingga tentunya dapat membahayakan Anda maupun penggendara lainnya.

2. Kabel headset yang panjang tentunya memecah fokus Anda

Hal ini juga dapat menggangu Anda dan mengurangi fokus dalam berkendara . Pasalnya kabel headset yang panjang akan berpotensi tersangkut tangan dan berpindah tempat.

Hal ini tentu dikarena angin yang dihasilkan pada saat Anda berkendara dengan melakukan akselerasi. Kondisi seperti itu tentu akan memecah fokus Anda pada situasi lalu lintas perkotaan yang sedang dilewati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)