Ingin Pasang Lampu Kabut di Mobil, Cermati Cara Ini

Sabtu, 24 Juli 2021 - 12:00 WIB
loading...
Ingin Pasang Lampu Kabut di Mobil, Cermati Cara Ini
Lampu kabut saat ini sudah banyak ditemukan di mobil-mobil baru. Hanya saja masih banyak mobil entry level yang tidak dilengkapi lampu kabut. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Lampu kabut menjadi salah satu bagian dari fitur penerangan ektika berkendara. Lampu ini memiliki tugas untuk membantu visibilitas pandangan pengendara yang terbatas saat jalan sedang berkabut atau hujan deras.

Tentu saja keberadaan lampu kabut sangatlah penting karena memberikan penerangan tambahan agar keselamatan pengendara tetap terjaga sepanjang jalan.

Walaupun keberadaannya sangat penting, tidak semua mobil telah dilengkapi dengan lampu kabut. Tak perlu khawatir karena ternyata kamu bisa melakukan pemasangan lampu kabut sendiri.



Namun sebelum beralih ke cara memasang lampu kabut, perlu diketahui ada aturan dan syarat pemasangannya yang tertuang dalam PP Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan.

Pasal 34 ayat 1 berbunyi kendaraan bermotor dapat dilengkapi dengan lampu kabut yang berjumlah paling banyak 2 (dua) buah dipasang di bagian depan kendaraan. Untuk ayat 2, lampu kabut harus berwarna cahaya putih atau kuning dengan titik tertinggi penyinaran tidak melebihi lampu utama dekat.

Ingin Pasang Lampu Kabut di Mobil, Cermati Cara Ini


Lampu kabut harus dipasang pada ketinggian tidak lebih dari 800 milimeter. Untuk tepi luarnya tidak melebihi 400 milimeter. Poin paling penting adalah tidak mengganggu penglihatan pengguna jalan lainnya, khususnya dari arah berlawanan.

Dilansir dari laman Auto2000, Sabtu (24/7/2021), berikut ini tips cara pasang untuk lampu kabut mobil.

1. Beli lampu kabut
Beli produk lampu kabut yang sudah memiliki kabel set, saklar, dan relay. Jangan lupa untuk memilih produk sesuai mobil yang sama di varian tertinggi. Alasannya karena biasanya lampu kabut telah menjadi fitur standar, khususnya varian tertinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6214 seconds (0.1#10.140)