Begini Cara Mudah Menghilangkan Karat Membandel di Sepeda Motor Anda

Selasa, 27 Juli 2021 - 14:27 WIB
loading...
Begini Cara Mudah Menghilangkan Karat Membandel di Sepeda Motor Anda
Pastinya Pemilik kendaraan akan cemas, khawatir dan bingung bagaimana cara menghilangkan karat pada kendaraan bermotor. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Memiliki motor yang kondisinya bersih, kinclong dan sangat terawat tentu menjadi keinginan dan harapan bagi semua orang. Selain enak dikendarai, motor yang terjaga kondisinya juga pastinya enak untuk dipandang.

Namun apabila sebaliknya, Anda dihadapkan dengan motor seiring waktu pemakaian cukup lama dapat menimbulkan muculnya karat.



Pastinya Pemilik kendaraan akan cemas, khawatir dan bingung bagaimana cara menghilangkan karat pada kendaraan bermotor. Berikut ini dirangkum dari laman resmi Suzuki (27/7/2021), mengenai beberapa cara menghilangkan karat pada motor:

1. Gunakan pasta gigi

Pasta gigi rupanya dapat berfungsi mengilangkan karat pada motor loh. Cara pemakaianya cukup dengan mengoleskan dibagian yang berkarat dan tunggu beberapa menit. Lalu kemudian Anda bisa menggosokan secara merata dan lakukan berulang-ulang.

2. Cuka berpotensi hilangkan karat

Anda bisa menggunakan berbagai jenis cuka dalam menghilangkan karat pada motor kesayangan Anda. Caranya ini dinilai efektif, cukup dengan copot part bagian pada motor yang berkarat, lalu kemudian rendam selama sehari part motor yang berkarat dengan cuka. Esok harinya Anda bisa ambil dan menggosok-gosoknya untuk dapat merontokan karat secara menyeluruh.



3. Menggunakan bensin dan solar

Ini merupakan cara mudah dan konvensional banyak dipakai oleh bengkel untuk merontokan karat pada motor, yaitu dengan menggunakan bensin dan solar dengan perbandingan 1:2. Campurkan kedua bahan itu dan Anda bisa langsung menggosokan part yang berkarat dengan menggunakan campuran bensin dan solar.

4. Gunakan baking soda

Bahan-bahan kue ini juga dianggap ampuh dalam merontokan karat pada part kendaraan bermotor. Caranya cukup hanya mencampurkan baking soda dengan air. Kemudian Anda bisa mulai menggosokan itu berulang kali ke dalam part komponen motor yang mengalami karat. Sehingga karat bisa terangkat dan komponen menjadi bersih dan koncling kembali.

5. Memakai oli bekas

Oli bekas ternyata memiliki keunggulan dalam hal merontokan karat yang membandel pada komponen motor kesayangan Anda. Cukup dengan mengoleskan saja oli bekas ke komponen motor yang berkarat. Lalu Anda bisa mulai dengan menggosokan nya selama berulang kali untuk mendapatkan hasil yang baik.



Oli bekas juga bisa menghilangkan karat pada lubang dalam knalpot. Caranya cukup dengan memasukan oli bekas kedalam lubang knalpot, dan Anda bisa memanaskan motor tersebut. Nantinya karat akan keangkat dan keluar pada lobang knalpot motor Anda.

6. Mengoleskan stempet pada area yang berkarat

Stempet yaitu merupakan sejenis cairan yang sifatnya kental menyerupai gel. Stempet dinilai ampuh bagi orang bengkel dalam menghilangkan karat pada komponen motor Anda. Cukup hanya mengoleskan saja pada area motor yang berkarat dan menggosokan pada lap bersih untuk melihat jelas perbedaanya. Lakukan selama berulang kali hingga mendapatkan hasil maksimal.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)