Land Cruiser 300 GR Sport akan Bertarung di Dakar Rally 2023, Apa Modalnya?

Selasa, 03 Agustus 2021 - 14:00 WIB
loading...
Land Cruiser 300 GR Sport akan Bertarung di Dakar Rally 2023, Apa Modalnya?
Toyota Land Cruiser 300 GR Sport dilengkapi berbagai fitur yang tidak dimiliki varian lainnya. Foto/Carscoops.
A A A
JAKARTA - Toyota Land Cruiser 300 GR Sport akan digunakan oleh Toyota untuk ikut serta di ajang reli paling prestisius di dunia, Dakar Rally. Rencananya Toyota GR Sport akan digunakan oleh tim Toyota Auto Body di ajang Dakar Rally 2023.

Keterlibatan Toyota Land Cruiser 300 GR Sport di ajang reli tersebut memang bukan hal yang mengejutkan. Pasalnya di ajang Dakar Rally, Toyota selalu mengerahkan dua tim sekaligus yakni Toyota Gazoo Racing dengan mobil Toyota Hilux dan Toyota Auto Body dengan Toyota Land Cruiser.

Di ajang Dakar Rally 2021, Toyota Auto Body masih menggunakan model lawas Toyota Land Cruiser 200. Namun dua tahun lagi mereka akan menggunakan Toyota Land Cruiser 300 GR Sport yang menggunakan mesin baru dan platform anyar yang lebih ringan dibandingkan model lama.



Lalu apa saja modal yang dimiliki oleh Toyota Land Cruiser 300 GR Sport sehingga dibawa ikut Dakar Rally? Carscoops menyebutkan dari segi spesifikasi dan kemampuan, Toyota Land Cruiser 300 GR Sport layak ditempatkan sebagai varian tertinggi Toyota Land Cruiser 300 baru.



Dari segi mesin Toyota Land Cruiser 300 GR Sport memang tidak berbeda dengan Toyota Land Cruiser 300 lain. Mesin yang digunakan tersedia dalam dua pilihan yakni mesin bensin V6 turbo ganda dengan kapasitas silinder 3,5 liter yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 409 daya kuda dan torsi maksimal 650 Nm serta mesin diesel V6 turbo ganda dengan kapasits silinder 3,3 liter yang memiliki tenaga maksimal 303 daya kuda dan torsi maksimal 700 Nm. Kedua pilihan mesin disalurkan melalui transmisi otomatis 10 percepatan ke empat roda.



Land Cruiser 300 GR Sport akan Bertarung di Dakar Rally 2023, Apa Modalnya?


Nah yang menarik adalah Toyota Land Cruiser 300 GR Sport dilengkapi dengan electronic differential locks di bagian depan dan belakang. Sistem ini akan semakin memudahkan Toyota Land Cruiser 300 GR Sport melewati rintangan sulit di medan berat. Ini berbeda dengan varian lainnya yang hanya memiliki opsional differential lock di bagian belakang.

Fitur canggih lainnya yang dimiliki oleh Toyota Land Cruiser 300 GR Sport adalah Electronic-Kinetic Dynamic Supsension System (E-KDSS). Fitur ini mengatur suspensi bergerak otomatis secara elektronik. Secara independen suspensi depan dan belakang akan bergerak menstabilkan kendaraan tergantung kondisi jalan yang dilewati oleh keempat ban.

E-KDSS menawarkan stabilitas berkendara yang lebih baik. Selain itu fitur tersebut juga akan meredam vibrasi yang menyebar ke body mobil selama berada di jalan berat. Toyota mengatakan fitur ini membuat suspensi Toyota Land Cruiser 300 GR Sport begitu sempurna di medan berat dan dinamis saat di jalanan mulus.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)