Yuk Ketahui Arti Angka dan Huruf di Perseneling Mobil Matik

Rabu, 11 Agustus 2021 - 06:07 WIB
loading...
Yuk Ketahui Arti Angka dan Huruf di Perseneling Mobil Matik
Pada tuas transmisi otomatis terdapat beberapa huruf dan angka seperti P, R, N, D, 2, dan L. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Saat ini mobil yang banyak digunakan di Indonesia adalah mobil bertransmisi manual dan otomatis. Namun seiring kemacetan yang makin menjadi-jadi, mobil transmisi matik kini mulai banyak dipilih pengendara.

Tentu saja, kepraktisan dan bisa menghemat tenaga menjadi alasan banyak pemilik mobil akan lebih memilih mobil dengan transmisi otomatis. Mengendarai mobil matik juga lebih mudah karena tidak ada pedal kopling saat pengendara harus memindahkan tuas perseneling.

Namun sebelum memilih mobil otomatis, ada baiknya Anda mempelajari dahulu arti huruf dan angka di perseneling mobil matik. Biasanya, pada tuas transmisi otomatis terdapat beberapa huruf dan angka seperti P, R, N, D, 2, dan L.



Dikutip dari laman resmi Suzuki, huruf dan angka tersebut memiliki arti sebagai berikut:

- P artinya adalah Parking atau parkir. P biasa digunakan untuk mobil yang diparkir sehingga transmisi dalam posisi terkunci dan mobil tidak akan bergerak.

- R artinya Reverse atau gigi mundur.

- N adalah Neutral atau netral. Dalam posisi ini, mesin dan transmisi tidak terhubung.

- D adalah singkatan dari Drive atau jalan. Umunya, mobil matik melaju dengan posisi transmisi D untuk berkendara maju. Dengan transmisi D, perpindahan gigi dari 1 sampai gigi tertinggi akan diatur secara otomatis. Pengendara hanya tinggal menginjak gas dan rem.



- 2 artinya menahan gigi tertinggi di gigi 2. Angka 2 pada transmisi otomatis biasa dipakai saat mobil berada di jalan menurun atau menanjak. Sebab, jika hanya menggunakan D, terkadang mobil terasa berat ketika menanjak.

- L artinya menahan gigi tertinggi di gigi 1.

Ada juga beberapa mobil bertransmisi matik yang memiliki Shift Lock di sekitar tuas transmisi. Shift Lock ini fungsinya untuk melepas pengunci tuas transmisi sehingga bisa dipindah ke posisi N ketika mesin mati. Shift Lock bermanfaat saat parkir paralel sehingga mobil matik bisa didorong untuk menggesernya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)