Ford Buat Dua Robot Penguji Mobil Dinamai Ken Miles dan Caroll Shelby

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 11:00 WIB
loading...
Ford Buat Dua Robot Penguji Mobil Dinamai Ken Miles dan Caroll Shelby
Robot Ken Miles dan Caroll Shelby akan membuat proses pengujian mobil-mobil Ford jadi lebih maksimal. Foto/Carbuzz.
A A A
JAKARTA - Ford membuat dua robot istimewa yang mereka beri nama istimewa yakni Ken Miles dan Caroll Shelby. Kedua robot dengan dua nama legendaris Ford itu bertugas menguji mobil-mobil buatan Ford.

Bagi penggemar otomotif nama Ken Miles dan Caroll Shelby bukan nama biasa. Keduanya merupakan sosok integral dalam pengembangan mobil sport pertama Ford yakni Ford GT40.

Kiprah keduanya bahkan terekam dalam film yang telah beredar di Indonesia, Ford v Ferrari. Di film itu diperlihatkan kerja keras Ken Miles dan Caroll Shelby dalam membuat dan menguji mobil Ford GT40.



Ford Buat Dua Robot Penguji Mobil Dinamai Ken Miles dan Caroll Shelby


Sekarang, kerja keras mereka kembali diperlihatkan di dua robot buatan Ford, Ken Miles dan Caroll Shelby. Bedanya kedua robot tersebut tidak menguji mobil sport buatan Ford.

Alih-alih kedua robot itu bekerja keras menguji durabilitas atau ketahanan mobil Ford dalam menghadapi kondisi ekstrem. Misalnya cuaca panas ekstrem hingga suhu dingin yang tidak normal.



Bentuk robotnya sendiri tidak benar-benar tampil seperti robot. Alih-alih robot Ken Miles dan Caroll Shelby hanya berbentuk kotak dengan dilengkapi lengan-lengan mekanis. Nah, lengan-lengan mekanis itu kemudian yang bekerja mengaktifkan berbagai fungsi mobil dari dalam. Mulai dari menyalakan tombol mesin, menekan pedal rem dan gas dan sebagainya.



"Setelah robot berada di kursi pengemudi, kami dapat menjalankan tes sepanjang malam tanpa harus khawatir pengemudi akan membutuhkan sandwich atau istirahat di kamar mandi," kata Frank Seelig, supervisor, Wind Tunnel Testing, Ford Europe.

Durabilitas dari kedua robot ini diyakini akan mampu memberikan hasil yang maksimal dalam setiap pengujian mobil-mobil buatan Ford. Meski demikian Ford memang masih menganggap perlu pengujian mobil-mobil buatan Ford secara langsung di alam bebas.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)