Yuk Ketahui Fungsi, Jenis, dan Cara Menggunakan Rem Tangan

Minggu, 15 Agustus 2021 - 00:01 WIB
loading...
Yuk Ketahui Fungsi, Jenis, dan Cara Menggunakan Rem Tangan
Rem merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Rem merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Rem digunakan untuk menghentikan laju kendaraan supaya aman dikendarai. Ada dua jenis rem yang disediakan, yaitu rem tangan mobil dan rem kaki.

Masing-masing rem tersebut memiliki fungsi berbeda yang wajib diketahui oleh pengendara. Ada yang berfungsi untuk membantu parkir, ada juga yang menghentikan laju kendaraan.

Inilah fungsi, jenis, dan cara menggunakan rem tangan, dilansir dari laman Suzuki, Sabtu (14/8/2021).

1. Fungsi rem tangan mobil

Istilah lain yang digunakan untuk rem tangan adalah rem parkir. Hal ini benar saja karena mengingat fungsinya adalah menjaga agar kendaraan tetap diam ketika parkir, khususnya saat berada di jalanan yang tidak rata seperti naik atau turun.



Tak hanya itu, rem tangan juga bisa digunakan sebagai alternatif pengereman di saat darurat. Hanya saja pengemudi perlu tahu bagaimana cara penggunaannya yang benar.

Namun, tetap perlu diperhatikan jika menggunakan rem di area jalanan yang sangat menukik. Ban mobil tetap harus diganjal dengan batu supaya lebih aman, apalagi jika akan berhenti dalam waktu lama.

Rem akan lebih cepat aus ketika harus bekerja berat seperti beban pada mobil terlalu berat. Sehingga kemampuannya untuk menahan mobil di area tanjakan curam akan semakin berkurang.

2. Jenis rem pada mobil sesuai cara penggunaannya
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3818 seconds (0.1#10.140)