Gahar, Truk Bergaya Militer Ini Dijual untuk Umum

Selasa, 27 Februari 2024 - 21:05 WIB
loading...
Gahar, Truk Bergaya Militer Ini Dijual untuk Umum
Atlas APC yang dikembangkan Goat Tactical Vehicles USA dibanderol Rp6,2 miliar. (Foto: Carcoops)
A A A
JAKARTA - Kendaraan militer memiliki spesifikasi dan ketangguhan melebihi kendaraan sipil karena tuntutan medan berat yang dihadapi. Kelebihan inilah yang diadaptasi menjadi kendaraan sipil menghasilkan truk bergaya militer seperti Atlas APC.

Atlas APC yang dikembangkan Goat Tactical Vehicles USA memang sengaja mengusung gaya militer. Kendaraan ini mewakili adaptasi sipil dari kendaraan taktis ringan spesifikasi militer, menggunakan platform Ford F-550 untuk memberikan perlindungan maksimal untuk penumpang.

Dilansir dari Carcoops, Selasa (27/2/2024), Atlas APC mirip dengan kendaraan taktis Oshkosh Defense JLTV yang digunakan oleh Angkatan Darat dan Korps Marinir AS sebagai pengganti Humvee. Perbedaannya adalah kendaraan ini legal untuk digunakan di 50 negara bagian AS, artinya dapat dibeli oleh siapa pun tanpa perlu izin khusus.

Bodi sudut Atlas APC, jendela kecil, kompartemen penyimpanan eksternal, turret berputar opsional, ban serep di atas atap, dan sembilan lubang senjata lapis baja, memunculkan aura gahar truk ini. Penampakan ini memberikan kesan siap tempur baik saat menjelajahi jalan kota atau melakukan aktivitas harian.



Dari sisi dimensi, Atlas APC jauh lebih besar dari truk biasa, dengan panjang 6.325 mm, lebar 2.540 mm, dan tinggi 2.845 mm dan ground clearance 340 mm. Beratnya mencapai 7.800 Kg.

Massa besar Atlas APC bukan hanya untuk tampilan; konstruksi baja berlapisnya memberikan perlindungan balistik tingkat B6, dengan opsi untuk meningkatkan ke B7 untuk keamanan yang lebih tinggi. Fitur tambahan termasuk kunci pertempuran, perisai EMP, ban run-flat, sistem sirine/PA, perlindungan tambahan untuk mesin dan radiator, serta kaca jendela balistik tebal 3 inci di seluruh kendaraan.

Di bagian interior, dasbor diambil dari kendaraan donor Ford F-Series, dan kabin dapat menampung hingga 12 orang, tergantung pada konfigurasi.

Baca Juga: Kendaraan Militer Tercanggih dan Terkuat yang Ditakuti di Medan Perang

Pihak pabrikan juga menawarkan opsi interior bergaya VIP dengan fasilitas mewah dan kursi berlapis kulit. Atau, pemilik dapat memilih konfigurasi yang lebih fungsional dengan ruang kargo luas di belakang dan kapasitas muatan maksimum 1.500 kg. Perusahaan juga menawarkan opsi bodystyle pickup.

Di bawah kulitnya terdapat rangka Ford F-550 Super Duty. V8 diesel 6,7 liter dari Blue Oval ini menghasilkan 330 hp (246 kW / 335 PS) dan torsi 750 lb-ft (1.017 Nm), ditransmisikan ke semua roda melalui gearbox otomatis 10 percepatan. Dengan kapasitas bahan bakar 39 galon, Atlas APC dapat membawa beban berat hingga 644 km.

Dengan segala kelebihannya di atas, Atlas APC dibanderol mulai dari USD395.000 atau sekira Rp6,2 miliar. Tentu saja, ada banyak pilihan personalisasi, termasuk cat kustom, paket pencahayaan LED 360 derajat, berbagai konfigurasi interior, dan jenis peralatan yang dipasang di atap.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0964 seconds (0.1#10.140)