Sudah Diproduksi Malaysia dan Vietnam, Pengembangan Xpander Tetap di Indonesia

Kamis, 19 Agustus 2021 - 07:00 WIB
loading...
Sudah Diproduksi Malaysia dan Vietnam, Pengembangan Xpander Tetap di Indonesia
Mitsubishi Xpander buatan Indonesia telah diekspor ke berbagai negara di dunia. Foto/MMKSI.
A A A
JAKARTA - Mitsubishi Xpander belakangan ini tidak lagi hanya diproduksi di Indonesia. Berbagai negara tetangga seperti Malaysia dan Vietnam sudah memproduksi mobil itu sendiri guna memenuhi permintaan Mitsubishi Xpander di kedua negara jiran itu.

Meski sudah ada negara lain yang memproduksi, pengembangan Mitsubishi Xpander justru tetap akan dipusatkan di Indonesia. Jadi segala jenis perubahan yang akan terjadi di masa depan pada Mitsubishi Xpander akan selalu bermula di Indonesia.



Tetsuro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan sejak awal Mitsubishi Xpander hadir melalui riset di Indonesia. Mobil itu dibuat untuk memenuhi permintaan konsumen Indonesia akan sebuah mobil keluarga yang nyaman, fungsional dan tangguh.

"(Xpander) awalnya diproduksi khusus untuk desain di Indonesia. Sesuai permintaan pasar Indonesia. Indonesia tetap jadi pasar yang utama," ujar Tetsuro Tsuchida.

Sudah Diproduksi Malaysia dan Vietnam, Pengembangan Xpander Tetap di Indonesia


Dia mengatakan kebijakan awal itu tidak akan berubah meski ada permintaan dari negara lain. Hal itulah mengapa pengembangan produk Mitsubishi Xpander tetap diproritaskan melalui Indonesia. "Selain itu sudah konsensus dari MMKSI dan pabrik di sana juga bahwa Indonesia yang utama," terangnya.



Selain itu pabrik Mitsubishi Malaysia dan Mitsubishi Vietnam juga memproduksi dalam jumlah yang terbatas. Jauh lebih besar Indonesia dibandingkan keduanya. Bahkan untuk produksi Mitsubishi Xpander buatan Malaysia dan Vietnam masih membutuhkan dukungan Indonesia dalam bentuk komponen-komponen mobil.

Dia sendiri sangat percaya diri pasar ekspor Mitsubishi Xpander dari Indonesia tidak akan berkurang meski sudah ada Mitsubishi Xpander buatan Malaysia dan Vietnam.

"Saya rasa pasar eskpor Mitsubishi di Indonesia tidak akan berkurang. Ke depannya akan bertambah terus. Tujuan ekspor selalu bertambah dari tahun ke tahun," tegasnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)