Cara Mengetahui Kapan Waktunya Anda untuk Mengganti Ban Mobil

Kamis, 19 Agustus 2021 - 19:27 WIB
loading...
Cara Mengetahui Kapan Waktunya Anda untuk Mengganti Ban Mobil
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Ban merupakanan komponen penting yang ada di setiap kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Pasalnya ban adalah salah satu komponen yang mengaspal di jalan untuk memberikan traksi laju kendaraan.

Maka dari itu perlu dilakukan pengecekan secara berkala terkait kondisi ban mobil. Hal itu disebabkan komponen ban ini pastinya memiliki umur keausan. Jika didapati tanda-tanda berikut ini berarti ban sudah memiliki keausan segera diganti dengan yang baru. Jika tidak tentunya dapat meningkatkan resiko kecelakaan yang fatal.



Dikutip dari halaman resmi Auto 2000, berikut ini cara mendeteksi ban mobil yang sudah waktunya diganti baru:

1. Terdapat benjolan pada ban

Ini dapat menjadi indikasi paling mudah yang dapat Anda cek dan ketahui mengenai umur ban mobil Anda. Jika di dapati ban mobil Anda benjol maka gantilah ban dengan yang baru. Hal itu disebabkan karena ban yang benjol memiliki potensi rawan pecah yang dapat mengakibatkan kecelakaan serius. Benjolan pada ban dapat menjadi pertanda bahwa terdapat anyaman benang atau kawat penguat konstruksi ban yang putus, sehingga kemampuan ban menjadi berkurang.

2. Mengganti sesuai umur ban

Dikarenakan ban terbuat dari karet yang lentuk, maka seiring waktu dapat berubah elastisitasnya. Gejala yang timbul biasanya terdapat getas pada mobil. Jika itu didapati pada ban mobil Anda maka segera ganti dengan yang baru.



Kondisi getas pada ban sangat tidak disarankan untuk dipertahankan, karena akan membuat ban kempis dan rusak. Sehingga dapa mengurangi kenyaman Anda dalam berkendara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3475 seconds (0.1#10.140)