Ngeri, Amerika Serikat Berhasil Kembangkan Kendaraan Tempur dengan Senjata Laser

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 11:00 WIB
loading...
Ngeri, Amerika Serikat Berhasil Kembangkan Kendaraan Tempur dengan Senjata Laser
DE M-SHORAD merupakan kendaraan tempur terbaru Amerika Serikat yang dilengkapi dengan senjata laser berkekuatan 50 kilowatt. Foto/New Atlas.
A A A
AMERIKA SERIKAT - Kendaraan tempur milik tentara Amerika Serikat semakin canggih. Baru-baru ini dilaporkan oleh New Atlas, Amerika Serikat berhasil melakukan uji coba kendaraan tempur khusus dengan senjata laser bernama Directed Energy-Maneuver Short-Range Air
Defense (DE M-SHORAD).

Hebatnya lagi Amerika Serikat hanya butuh waktu satu tahun untuk membuat DE M- SHORAD. Dalam uji coba yang dilakukan di Fort Sill, Oklahoma, Amerika Serikat sebanyak dua kendaraan tempur bersenjata laser itu sukses melakukan simulasi tempur. Terutama simulasi untuk menguji senjata laser berkekuatan 50 kilowatt.

Baca juga : Sudah Diproduksi Malaysia dan Vietnam, Pengembangan Xpander Tetap di Indonesia

"Ini adalah aplikasi perdana dari senjata laser yang dilibatkan dalam simulasi dan manuver perang buatan. Saat ini teknolgi laser yang kami kembangkan sudah sangatsiap. Ini adalah pintu masuk ke masa depan," ujar Ltg L Neil Thurgo, Army Hypersonics and Directed Energy Chief.

Ngeri, Amerika Serikat Berhasil Kembangkan Kendaraan Tempur dengan Senjata Laser


DE M-SHORAD sendiri merupakan salah satu kendaraan tempur dalam keluarga M-SHORAD buatan tentara Amerika Serikat. Sesuai namanya, Maneuver Short-Range Air Defense, M-SHORAD adalah sebuah kendaraan pertahanaan jarak pendek yang sangat mudah bermanuver namun dilengkapi dengan persenjataan lengkap dan canggih. M-SHORAD biasanya sudah memiliki peralatan tempur terintegrasi seperti rudal, sensor dan roket.

Nah, senjata itu masih dianggap belum cukup oleh Amerika Serikat. Mereka kemudian mencoba mengaplikasikan senjata laser berkekuatan besar di kendaraan tempur itu yang kemudian dinamakan DE M-SHORAD.

Baca juga : Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Jangan Khawatir ini Solusinya

Ngeri, Amerika Serikat Berhasil Kembangkan Kendaraan Tempur dengan Senjata Laser


"Kami berhasil membuat dan menghadirkan sebuah kemampuan baru yang sangat unik. Ini bukan modifikasi atau peningkatan dari kendaraan sebelunnya. Hebatnya lagi kami menghadirkannya dalam waktu 24 bulan dari tim yang melibatkan pemerintah dan pihak swasta," jelas Col. G. Scott McLeod, DE M-SHORAD Program Manager.

Ketika diujicoba, DE M-SHORAD dilengkapi senjata laser Stryker buatan Amerika Serikat. Diketahui senjata laser bukan hal yang asing bagi sistem pertahanan Amerika Serikat.

Hanya saja senjata laser berkekuatan besar, 50 kilowatt seperti yang ada di DE M- SHORAD, sulit untuk dibawa oleh tentara Amerika Serikat. Untuk itu mereka membutuhkan sebuah kendaraan yang memang mampu menggendong senjata laser tersebut.

Nantinya DE M-SHORAD akan digunakan untuk menghancurkan drone atau pesawat otonom tanpa awak yang dianggap berbahaya oleh Amerikaa Serikat. Army Rapid Capabilities and Critical Technologies Office (RCCTO) berencana melengkapi tentara Amerika Serikat dengan empat unit DE M-SHORAD uuntuk setiap satu pleton tentara. Rencananya penggunaan kendaraan monster bersenjata laser itu akan digunakan pada tahun fiskal 2022.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2652 seconds (11.97#12.26)