Tips Mencegah Setir Mobil Berbahan Kulit Agar Tidak Cepat Rusak

Kamis, 26 Agustus 2021 - 13:42 WIB
loading...
Tips Mencegah Setir Mobil Berbahan Kulit Agar Tidak Cepat Rusak
Setir mobil berbahan kulit harus dirawat agar tidak mengelupas atau rusak. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Setir atau lingkar kemudi merupakan salah satu daya tarik di kabin mobil. Komponen ini turut berperan dalam deretan keunggulan interior mobil.

Bagian setir juga biasanya dibungkus oleh material kulit sintetik, otentik, dan ada pula yang mengandalkan bahan tanpa pembungkus tambahan.


Hal yang cukup penting pada lingkar kemudi yang terbungkus dengan kulit adalah keawetannya. Sebab, perlakukan pengemudi terhadap kemudi bisa memengaruhi hal tersebut.

Jangan sampai karena perilaku yang tidak disadari, dapat memperpendek usia kulit setir tersebut. Padahal sejumlah perilaku tersebut tergolong sepele.

Namun karena dilakukan berulang-ulang, maka material pembungkus setir malah bisa "kalah" seiring waktu.

Berikut ini tips mencegah kulit setir cepat rusak, dilansir dari laman Auto2000, Kamis (26/8).

Menjaga keawetan kulit setir

Hal pertama yang perlu diketahui dalam menjaga keawetan pembungkus setir bawaan pabrikan adalah menjaganya dari keringat. Sebab telapak tangan pengemudi sangat mungkin mengeluarkan keringat yang akan membasahi kemudi.

Hal ini mungkin tak akan berpengaruh banyak jika jarang terjadi. Namun jika mobil tersebut selalu dipakai sehari-hari dengan kondisi kena keringat telapak tangan yang sangat sering, maka potensi kerusakannya pun semakin besar.

Untuk itu, pastikan telapak tangan kering saat menyentuh lingkar kemudi. Untuk mengantisipasi tangan yang kerap berkeringat, bisa selalu bawa sapu tangan atau sediakan tisue di kabin mobil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4368 seconds (0.1#10.140)