General Motors Buat Desain Setir Mobil ala Pesawat Terbang yang Bisa Main Game

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 10:00 WIB
loading...
General Motors Buat Desain Setir Mobil ala Pesawat Terbang yang Bisa Main Game
Konsep setir mobil pesawat terbang yang supercanggih ini akan diaplikasikan ke mobil-mobil otonom buatan General Motors. Foto/General Motors Design.
A A A
JAKARTA - General Motors baru-baru ini merilis sebuah desain setir mobil yang unik. Pasalnya setir mobil tersebut mirip yoke stick pesawat terbang. Konsep yoke stick saat ini memang bukan hal yang aneh lagi setelah Tesla mengaplikasikannya di Tesla Model S Plaid.

Bedanya General Motors justru membuatnya jauh lebih canggih lagi. Bagaimana tidak, setir mobil pesawat terbang ala General Motors dilengkapi dengan layar khusus yang melintang di tengah-tengah setir tersebut.

Dalam konsep yang mereka tawarkan, terlihat jika layar tersebut tidak hanya sekadar menampilkan gambar saja. Layar dengan sistem sentuh itu juga berfungsi mengaktifkan beberapa sistem hiburan, informasi tangki bahan bakar, koneksi bluetooth dan sebagainya.



Jadi semua sistem informasi dan hiburan yang biasanya berupa tombol-tombol di palang kemudi berpindah ke bagian tengah palang kemudi. Sistem aksesnya pun dilakukan dengan sentuhan.

General Motors Buat Desain Setir Mobil ala Pesawat Terbang yang Bisa Main Game


Dalam konsep itu juga diketahui palang kemudi unik itu akan digunakan untuk mobil-mobil otonom buatan General Motors. Ketika pengemudi memilih mode "Human Drive" maka beberapa fitur yang ada tidak bisa diakses guna menghindari distraksi selama di jalan.

Sebaliknya ketika memilih mode "Autonomous" maka pengemudi bisa mengeksplorasi banyak fitur yang ada di palang kemudi tersebut.



Autoevolution menyebutkan konsep setir mobil unik dari General Motors ini memang terlihat lebih keren dibanding setir mobil yang ada di Tesla Model S Plaid. Hanya saja keberadaan layar yang ada di palang kemudi pesawat terbang itu terlalu berlebihan. Hal ini karena potensi distraksi yang sangat besar pada kondisi jalan.

Belum lagi peraturan lalulintas yang memang tergolong ketat mengenai palang kemudi. Setir pesawat terbang Tesla Model S Plaid saja masih jadi kontroversi. Apalagi setir pesawat terbang dengan layar sentuh yang ditawarkan General Motors.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2234 seconds (0.1#10.140)