Toyota Raize dan Daihatsu Rocky versi JDM Dapat Mesin dan Fitur Baru

Rabu, 01 September 2021 - 07:00 WIB
loading...
Toyota Raize dan Daihatsu Rocky versi JDM Dapat Mesin dan Fitur Baru
Per 1 November nanti, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky sudah dipasarkan selama dua tahun belakangan ini. Foto/IST
A A A
JEPANG - Duo SUV kompak buatan Toyota dan Daihatsu, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan mendapatkan minor change atau dandanan baru minimal per 1 November nanti. Dilaporkan Creative Trends, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang dijual di pasar domestik Jepang atau Japanese Domestic Market (JDM) diberikan mesin baru dan fitur-fitur canggih terbaru.

Uniknya salah satu mesin baru yang mereka berikan justru adalah mesin yang digunakan olehh varian mesin 1,2 liter naturally aspirated Daihatsu Rocky yang dijual di Indonesia. Sebelumnya, pasar Jepang memang hanya diberikan mesin 1,0 liter plus turbo untuk Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize. Baik itu varian roda penggerak depan dan penggerak empat roda.



Hanya saja per 1 November nanti, mesin 1,2 liter naturally aspirated itu akan disematkan ke Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang menggunakan sistem penggerak roda depan. Sebaliknya Daihatsu Rocky dan Toyota Raize dengan sistem penggerak empat roda tetap mempertahankan mesin 1,0 liter plus turbo.

Meski mesin 1,2 liternya sama dengan mesin yang ada di Indonesia. Toyota dan Daihatsu memberikan perbedaan dengan mengaplikasikan teknologi + Hibrid.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky versi JDM Dapat Mesin dan Fitur Baru


Selain penambahan mesin baru, fitur baru lain yang ditambahkan adalah fitur rem tangan elektronis. Fitur baru itu menggatikan tuas rem tangan konvensional dengan sistem tombol elektronis. Selain lebih canggih, rem tangan elektronis itu juga dilengkapi dengan kemampuan auto brake hold. Jadi ketika berada di tanjakan atau turunan, fitur itu bisa mencegah mobil turun dengan kencang.



Hanya saja fitur tersebut tidak diberikan ke semua varian Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Untuk Toyota Raize rem tangan elektronis hanya dipasang di Toyota Raize Z dan G sementara Daihatsu Rocky ditemukan di varian Premium dan G.

Minor change yang diberikan Toyota dan Daihatsu ke dua SUV kompak itu memang tergolong wajar. Pasalnya kedua mobil itu memang sudah diluncurkan di Jepang sejak November 2019. Jadi penambahan minor change untuk versi JDM Toyota Raize dan Daihatsu Rocky itu per November nanti menggenapkan umur keduanya yang telah mencapai 2 tahun.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2529 seconds (0.1#10.140)