5 Penyebab Blower AC pada Mobil Tidak Berfungsi

Minggu, 05 September 2021 - 22:15 WIB
loading...
5 Penyebab Blower AC pada Mobil Tidak Berfungsi
Sirkulasi udara juga jadi tidak lancar bila blower AC mati, sehingga harus membuka jendela agar ada angin yang masuk. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Menyalakan AC ketika di mobil sepertinya sudah meharusan jika berkendara di kota-kota besar. Alasannya karena faktor cuaca di Indonesia.

Tetapi bisa saja saat ingin dinyalakan, ternyata AC mati karena blower tidak berfungsi. Tentu hal tersebut membuat jengkel. Sirkulasi udara juga jadi tidak lancar bila blower AC mati, sehingga harus membuka jendela agar ada angin yang masuk.



Blower AC adalah komponen yang berguna untuk menghembuskan udara dari evaporator ke kabin, sehingga mobil terasa lebih sejuk.

Angin yang keluar melalui lubang horizontal AC mobil berasal dari blower, jadi bisa dikatakan bahwa komponen ini sangat penting dan dinilai sebagai yang paling utama.

Untuk menghindari tidak berfungsi, pahami 5 penyebabnya matinya blower AC pada mobil, dilansir dari Auto2000, Minggu (5/9).

1. Kerusakan pada Sekring Blower

AC mobil bisa menyala karena energi listrik yang dialirkan oleh aki dan dinamo. Apabila sekring blower rusak, berarti ada kabel yang terputus sehingga listrik tidak bisa mengalir.

Sama seperti fungsi sekring pada rumah, sekring pada AC mobil berfungsi sebagai pengaman arus listrik. Jadi, sekring blower yang putus menandakan adanya korsleting saat menyalakan AC.

Kalau masalah ini terjadi, lebih baik mobil dibawa ke bengkel agar diperbaiki. Lagi pula, perbaikan yang dilakukan oleh teknisi yang sudah ahli akan meminimalisir risiko yang terjadi, seperti kerusakan yang semakin parah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3714 seconds (0.1#10.140)