Renault Kembangkan Mobil Listrik dengan Fitur Fireman Access, Apa Fungsinya?

Senin, 13 September 2021 - 16:03 WIB
loading...
Renault Kembangkan Mobil Listrik dengan Fitur Fireman Access, Apa Fungsinya?
Renault meluncurkan mobil listrik, Megane E-Tech di Munich Motor Show dengan fitur Fireman Acces yang berguna untuk keselamatan pengendara ketika mengalami kecelakaan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Renault meluncurkan mobil listrik, Megane E-Tech di Munich Motor Show dengan fitur Fireman Acces yang berguna untuk keselamatan pengendara ketika mengalami kecelakaan. Kaca depan mobil listrik ini juga terdapat kode QR yang akan menginformasikan kepada tim penyelamat mengenai struktur kendaraan.

Dilansir Autoblog, Senin (13/9/2021), fitur Fireman Access merupakan hasil kerjasama Renault Group dan petugas pemadam kebakaran Prancis yang telah berlangsung selama lebih dari satu dekade.

Mobil listrik ini memberi akses khusus ke baterai untuk tim penyelamat. Renault mengklaim ini dapat memungkinkan responden pertama untuk memadamkan api baterai dalam lima menit. Ada juga sakelar di bawah bangku belakang yang memungkinkan tim penyelamat melepaskan baterai dengan cepat.



Selain itu, Renault memasang kode QR di kaca depan. Ini akan memudahkan tim penyelamat melihat detail tentang struktur mobil. Dengan memindai kode QR tersebut, mereka dapat mengetahui lokasi baterai dan airbag, serta informasi tempat yang aman untuk memotong kendaraan.

Renault mengatakan informasi ini dapat membantu tim penyelamat menghemat waktu hingga 15 menit ketika mencoba membebaskan korban kecelakaan sehingga nyawa dapat diselamatkan.

"Tidak ada mobil listrik lain yang dibangun dengan cara ini, sehingga orang yang ingin melakukan penyelamatan mengetahui seluk-beluk setiap kendaraan," katanya.

Iterasi terbaru dari lini Megane ini dibangun di atas platform CMF-EV Renault . Untuk bodi, desain mengambil inspirasi dari konsep Morphoz yang dipamerkan perusahaan tahun lalu.

Ada dua pilihan powertrain: model dasar dengan 130 tenaga kuda dan alternatif yang lebih canggih dengan 215 hp dan torsi 221 pon-kaki. Anda juga dapat memilih antara dua paket baterai, yakni kapasitas 40-kWh yang memiliki jangkauan 300 km atau baterai 60-kWh yang mampu menjangkau 470 km dengan sekali pengisian daya.



Colokkan Megane E-Tech Electric bisa mengisi daya dengan cepat sebesar 130 kW dengan waktu 30 menit sehingga dapat menambahkan jarak mengemudi hingga 186 mil. "Sistem juga dapat membantu Anda menemukan stasiun pengisian daya yang meminimalkan waktu perjalanan Anda," kata Renault.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3437 seconds (0.1#10.140)