Tutup Mata pada Mobil Listrik, Aksi Boikot Mobil Toyota Muncul di Amerika Serikat

Jum'at, 24 September 2021 - 09:00 WIB
loading...
Tutup Mata pada Mobil Listrik, Aksi Boikot Mobil Toyota Muncul di Amerika Serikat
Toyota bz4X Concept merupakan satu-satunya mobil listrik murni yang dibuat Toyota. Foto/Netcarshow.
AMERIKA SERIKAT - Aksi atau gerakan boikot mobil Toyota muncul di Amerika Serikat karena dianggap sengaja memperlambat kemajuan dan produksi mobil listrik. Disebutkan Electrek, aksi pemboikotan itu diinisiasi oleh pendiri Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Plug In America, Paul Scott.

Dalam aksinya itu Paul Scott meminta seluruh masyarakat Amerika Serikat tidak lagi membeli mobil buatan Toyota. Hal itu diminta karena Toyota terkesan sengaja menekan akselerasi mobil listrik di negara Paman Sam. Tidak hanya dari kebijakan internal, Toyota juga melakukan perlambatan dengan melakukan lobi-lobi khusus dengan pemerintah Amerika Serikat terkait mobil listrik.

"Toyota layak diboikot karena mereka tetap menginginkan kita tergantung pada bensin," ujar Paul Scott.

Baca juga : Fantastis, Harga Rem Depan Bugatti Chiron Pur Sport Sama Seperti Beli 3 Honda BR-V Baru



Paul Scott tidak sendirian, baru-baru ini sebanyak 15 LSM yang peduli pada lingkungan meminta bertemu dengan President and CEO Toyota North America Tetsuo Ogawa. Mereka ingin mengonfirmasi sikap Toyota yang menutup mata pada perkembangan mobil listrik murni. Selain itu mereka ingin mengonfirmasi langkah Toyota yang telah melobi pemerintah Amerika Serikat agar mengurangi insentif yang diberikan ke mobil listrik .

"Langkah mereka ke pemerintah justru membuat kita menjauh dari visi untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik. Kami ingin Toyota memberikan dukungan dan kebijakan yang penuh untuk mobil listrik murni," jelasnya.

Baca juga : Kalahkan Bentley Bentayga, Brabus 900 Rocket Edition Jadi SUV Terkencang di Dunia

Saat ini Toyota memang terkesan menahan diri dalam produksi mobil listrik. Saat perusahaan mobil dunia sudah berlomba-lomba membuat mobil listrik, Toyota malah lebih fokus membuat mobil hibrid yang masih tergantung pada bensin. Saat ini mereka hanya memiliki satu mobil listrik yakni Toyota BZ4X. Itu pun masih dalam bentuk konsep. Satu-satunya mobil listrik yang mereka buat dalam bentuk produksi justru hadir dalam nama lain yakni Lexus UX300e.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE