Adu Banteng Isuzu mu-X Lama dengan yang Baru, Yuk Cermati!

Jum'at, 24 September 2021 - 10:09 WIB
loading...
Adu Banteng Isuzu mu-X Lama dengan yang Baru, Yuk Cermati!
Isuzu mu-X baru (kanan) nantinya akan menyasar konsumen kelas atas karena pasarnya yang cukup besar. Foto/Autoindustriya.
A A A
JAKARTA - Isuzu mu-X baru akan datang ke Indonesia akhir tahun ini. Mobil SUV 7 kursi andalan Isuzu itu nantinya diposisikan sebagai SUV mewah dan berteknologi canggih. Tidak heran jika desain barunya jadi lebih moderen.

Namun seberapa jauh sih perbedaan yang terjadi antara Isuzu mu-X lama dengan Isuzu mu-X baru. Situs Autoindustriya baru-baru ini melakukan perbandingan langsung. Yuk, cermati apa saja yang berbeda!



EKSTERIOR

Desain yang digunakan Isuzu mu-X baru sama sekali tidak meninggalkan sisa desain Isuzu mu-X lama. Mobil baru itu seperti pria berbadan besar yang rajin fitness. Jika dulu Isuzu mu-X lama terlihat seperti gemuk dan tebal, kini Isuzu mu-X baru terlihat lebih berotot.

Hal itu terlihat pada desain grille yang kini lebih atraktif serta kap mesin yang kini dilengkapi dengan garis-garis dinamis.

Bemper depan kaku yang ada di Isuzu mu-X lama kini juga berganti dengan bumper yang lebih ramping dan dinamis. Penambahan skid plate di bagian bumper depan membuat Isuzu mu-X baru jadi lebih fungsional.


Adu Banteng Isuzu mu-X Lama dengan yang Baru, Yuk Cermati!


Grille kini juga jauh lebih matang tanpa elemen krom yang berlebihan. Isuzu mu-X lama memang terlihat begitu percaya diri dengan grill full chrome yang justru kerap menerima kritikan. Begitu juga dengan bilah grille yang di Isuzu mu-X baru kini lebih ramping dan mencuri perhatian.



Desain lampu yang ada di Isuzu mu-X baru juga kini lebih futuristis. Lebih tajam dibandingkan lampu utama Isuzu mu-X lama yang justru percaya diri dengan desain lampu trapedzoidal berukuran besar.

Bagian belakang mobil juga terlihat kontras. Isuzu mu-X baru tampil lebih clean atau bersih. Garnis bilah krom yang ada di bagian tengah bagian belakang mobil di Isuzu mu-X lama kini dihilangkan. Begitu juga dengan diffuser yang kini dibuat lebih dinamis.

Adu Banteng Isuzu mu-X Lama dengan yang Baru, Yuk Cermati!


Tailgate yang ada di Isuzu mu-X baru juga hadir dengan bentuk yang lebih keren. Tailgate itu dilengkapi dengan position lamp yang justru akan membantu pengendara yang ada di belakang mobil. Material tailgate juga canggih karena terbuat dari plastik polypropylene.

Bagian samping mobil justru jadi petunjuk Isuzu mu-X baru hadir dengan platform baru. Tidak menggunakan platform Isuzu mu-X lama. Hal itu terlihat dari pilar D Isuzu mu-X baru yang tidak lagi dibuat menyatu dengan bagian belakang mobil.

Untuk dimensi Isuzu mu-X baru memiliki ukuran yang lebih besar dibanding Isuzu mu-X lama. Dimensi (P x L x T) Isuzu mu-X baru adalah 4.850 mm x 1.870 mm x 1.825 mm sementara Isuzu mu-X lama adalah 4.825 mm x 1.860 mm x 1.840. Wheelbase Isuzu mu-X baru juga lebih panjang 10 mm dibanding yang lama yakni 2.855 mm.

INTERIOR
Adu Banteng Isuzu mu-X Lama dengan yang Baru, Yuk Cermati!


Perubahan paling drastis memang ada di bagian interior. Isuzu mu-X baru memiliki interior yang sangat canggih. Hal ini terjadi karena mengikuti fitur-fitur canggih yang disematkan di Isuzu mu-X baru yakni ADAS (Advanced Driver Assistance System).

Yang paling kontras terlihat di bagian interior adalah layar sentuh berukuran 10,1 inci. Selain itu tombol-tombol putar pengatur pendingin ruangan juga dicopot diganti dengan tombol mekanis yang lebih moderen.

Palang kemudi juga berubah jika dibandingkan palang kemudi Isuzu mu-X lama yang tidak lagi gendut di bagian tengah. Begitu juga dengan informasi display yang ukurannya kini dibuat lebih besar. Penggunaan rem tangan juga berubah dari konvensional menjadi elektris.

MESIN
Adu Banteng Isuzu mu-X Lama dengan yang Baru, Yuk Cermati!


Isuzu mu-X baru menggunakan mesin diesel turbo 4JJ3 3.0 liter baru dan menghasilkan tenaga maksimal 190 PS dan torsi maksimal 450 Nm. Sebagai perbandingan, mesin diesel 3.0 liter lama hanya menghasilkan 177 PS dan torsi 380 Nm.

Di Indonesia Isuzu mu-X menggunakan mesin yang berbeda yakni mesin diesel 2,5 liter plus turbo dengan kode 4JK1-TC. Mesin ini memiliki standar emisi Euro 2. Jadi memang tergolong lawas namun sangat disukai konsumen Indonesia karena adaptif dengan bahan bakar solar yang tersedia di Indonesia. Untuk tenaganya mesin ini mencapai 136 PS dan torsi maksimal 320 Nm.

Nah, masih jadi tanda tanya apakah PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) akan membawa mesin baru di Isuzu mu-X anyar atau justru tetap mempertahankan mesin yang lama.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)