Tips Mencegah Motor Mogok saat Berkendara di Musim Hujan

Minggu, 24 Oktober 2021 - 17:01 WIB
loading...
Tips Mencegah Motor Mogok saat Berkendara di Musim Hujan
Memasuki musim hujan persiapkan motor Anda agar lebih prima karena bakal banyak jalan tergenang yang bisa membuat motor mogok. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Memasuki musim penghujan tentu banyak hal yang mesti dipersiapkan mulai dari kesehatan fisik, jas hujan, dan juga kondisi sepeda motor Anda. Karena air hujan bisa mengganggu kinerja mesin motor Anda.

Jika kendaraan Anda tidak dipersiapkan dari sekarang, tentu bisa terjadi hal yang tidak di inginkan seperti mogok di jalan.

Ketika mogok di jalan tentu saja bakal merepotkan, apalagi jika terjadi pada malam hari. Untuk itu persiapkan kondisi motor Anda untuk mencegah terjadinya mogok di jalan.

Berikut 5 hal yang harus diperhatikan agar sepeda motor Anda tidak mogok di jalan:

1. Cek Kondisi Busi

Ini merupakan hal pertama yang wajib diperiksa pada motor Anda ketika memasuki musim hujan. Pasalnya busi berfungsi untuk menciptakan percikan api yang membantu proses pengapian pada ruang bakar.



Jika komponen ini sering terkena air maka motor pastinya akan mengalami mogok dan sulit dihidupkan. Periksa pula kepala busi, jika sudah getas maka segera ganti dengan yang baru untuk mecegah terjadinya busi kemasukan air.

2. Periksa Karburator

Hal kedua yang perlu diperhatikan pada motor Anda selama memasuki musim hujan yaitu dengan memeriksa kondisi karburator. Kerap di temui motor mogok disebabkan karena masuknya air dalam sistem karburator.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2230 seconds (0.1#10.140)