Cara Menghilangkan Asap Motor yang Suka Bikin Panik, Nomor 7 Paling Sering Terjadi

Senin, 25 Oktober 2021 - 21:00 WIB
loading...
Cara Menghilangkan Asap Motor yang Suka Bikin Panik, Nomor 7 Paling Sering Terjadi
Cara menghilangkan asap motor salah satunya dengan merawat motor dengan rutin dan benar. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Cara menghilangkan asap motor ternyata tidak terlalu sulit. Jadi Anda tidak perlu panik mendadak ketika motor tiba-tiba mengeluarkan asap.

Sebenarnya sangat wajar jika pengemudi motor panik ketika melihat motor kesayangannya tiba-tiba mengeluarkan asap dari knalpot. Pasalnya teknologi sepeda motor yang semakin canggih membuat sistem pembakaran kini semakin sempurna sehingga asap yang keluar dari knalpot motor bisa sangat minim.

Jadi tidak heran jika banyak pengemudi motor langsung panik ketika knalpot motor tiba-tiba mengeluarkan asap yang sangat banyak. Perlu diketahui cara menghilangkan asap motor memang tergantung dari faktor penyebabnya. Hal ini terjadi karena memang asap yang keluar dari knalpot motor terjadi karena faktor yang beragam.



Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan dilihat dari faktor-faktor penyebabya, cermati!

Cara Menghilangkan Asap Motor yang Suka Bikin Panik, Nomor 7 Paling Sering Terjadi


1. Silinder atau Liner Mesin Sudah Aus

Hal pertama yang bisa menyebabkan motor menjadi ngebul adalah silinder atau liner mesin sudah dalam keadaan aus. Kerusakan silinder tersebut biasanya diakibatkan oleh terganggunya komponen mesin motor lainnya, yaitu piston yang juga sudah dalam keadaan aus.

Silinder motor bekerja dengan cara bergesekan langsung dengan piston saat mesin motor sedang dalam keadaan menyala. Kondisi silinder mesin yang sudah aus akan mengakibatkan mengalirnya oli ke dalam ruang bakar, sehingga bisa menyebabkan munculnya asap.

Langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi keausan pada silinder motor adalah dengan melakukan bore up. Pembubutan silinder motor tersebut harus menggunakan bantuan tenaga montir untuk melakukan turun mesin sebelum bore up.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)