5 Inovasi Dunia Otomotif dari Masa ke Masa

Jum'at, 29 Oktober 2021 - 11:03 WIB
loading...
5 Inovasi Dunia Otomotif dari Masa ke Masa
Untuk mengendarai mobil senyaman saat ini, industri otomotif perlu puluhan tahun dalam pengembangan teknologinya. Foto/Vstory
A A A
JAKARTA - Untuk mengendarai mobil senyaman saat ini, industri otomotif perlu puluhan tahun dalam pengembangan teknologinya. Banyak inovasi yang dilakukan industri otomotif dengan beragam kegagalan dan keberhasilan.

Dulu mobil dibuat sekokoh mungkin agar pengemudi selamat dari dampak benturan. Kini pengendara bisa lebih safety dengan keberadaan airbag atau kantung udara yang akan melindungi dari benturan depan maupun samping.

Beberapa inovasi juga telah melewati berbagai percobaan, seperti rem cakram untuk performa dan keamanan, serta turbocharging untuk performa dan penghematan bahan bakar.



Berikut ini bukanlah daftar lengkap inovasi otomotif yang dikutip dari situs Carbuzz:

1. Rem Cakram

Rem cakram adalah sistem pengereman yang menggunakan cakram dan bantalan rem menjepit dari kedua sisi untuk menghentikan roda. Tekanan yang diberikan lebih halus dan proporsional sehingga membuat rem lebih mudah diinjak dengan mulus.

Rem cakram pertama kali dibuat di Inggris pada 1890 tetapi tidak praktis karena Frederick William Lanchester menggunakan cakram tembaga untuk materialnya. Rem cakram kemudian dikembangkan pada sepeda motor tetapi malah lebih dahulu digunakan untuk kereta api pada 1930-an.

Lalu pada 1950-an, Chrysler mengembangkan rem cakram tipe non-kaliper pertama pada beberapa model mobilnya . Kemudian diikuti Jaguar juga menggunakan rem cakram Dunlop di Le Mans 24 Jam 1953.

2. Mesin Penggerak Depan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)