Kecelakaan Vanessa Angel Diduga Karena Sopir Mengantuk, Ini Tips Aman Berkendara Jarak Jauh

Kamis, 04 November 2021 - 22:07 WIB
loading...
Kecelakaan Vanessa Angel Diduga Karena Sopir Mengantuk, Ini Tips Aman Berkendara Jarak Jauh
Berkendara jarak jauh dalam waktu yang lama memang harus ekstra hati-hati. Tampak mobil Mobil Pajero Sport warna putih yang ditumpangi Vanessa Angel bersama suaminya. Foto: ist
A A A
SURABAYA - Pihak kepolisian sedang melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan maut yang menyebabkan artis Vanessa Angel, dan suaminya, Bibi Ardiansyah meninggal dunia.

Dugaan sementara, kecelakaan tersebut karena pengemudi mobil Tubagus Muhammad Joddy Pramas Setyo asal Bogor, mengantuk. Mobil melaju sangat kencang, hingga akhirnya tidak terkendali dan menabrak beton pembatas jalan Tol.

Berkendara jarak jauh dalam waktu yang lama memang harus ekstra hati-hati. Nah, berikut adalah tips untuk menghindari kecelakaan saat mengemudi jarak jauh dilansir dari situs resmi Daihatsu.co.id:



1. Kondisi Tubuh Sedang Fit
Kondisi tubuh fit penting sekali saat mengmudi. Jika kondisi tidak sehat, perjalanan pun terasa tidak nyaman. Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, pastikan perbanyak minum air putih, konsumsi makanan sehat dan minum suplemen vitamin C, serta tidur cukup.

2. Kondisi Kendaraan Prima
Selain pengemudi, kondisi kendaraan juga harus sama fit-nya. Cek kondisi air aki, air radiator, oli, rem, dan ban. Sebab jika kendaraan bermasalah, perjalanan jauh akan terasa tidak nyaman dan repot. Siapkan juga alat-alat bengkel sederhana seperti dongkrak, hingga alat jumper mobil untuk berjaga-jaga.

3. Kenali Kondisi Jalur
Kondisi jalanan akan memengaruhi performa saat menyetir. Apalagi, jika baru pertama kali melewati jalan tersebut. Ada baiknya lebih memperhatikan kondisi di sekitar dan kenali jalan yang akan di tempuh. Memantau jalan lewat aplikasi Google Maps atau Waze di smartphone cukup membantu.

4. Posisi Duduk Nyaman
Menempuh perjalanan jauh berbeda dengan menyetir sehari-hari. Rute perjalanan jauh dengan jalan yang belum dikuasai akan jadi masalah. Karena itu, atur posisi kursi senyaman mungkin. Pastikan posisi mengemudi tetap bisa melihat ke depan hingga ke ujung kap, bisa melihat spion kiri-kanan, dan atur posisi agar bisa melakukan manuver mendadak.

5. Berhenti di Rest Area Saat Lelah
Agar perjalanan aman, tidak ada salahnya mencari tahu posisi rest area terdekat. Ada banyak sekali tempat peristirahatan yang nyaman dan pilihan kuliner lezat di sepanjang Tol Jakarta-Surabaya. Jika ngantuk atau lelah, pastikan untuk berhenti dahulu di rest area untuk beristirahat.

6. Unduh Peta Offline
Untuk berjaga-jaga sebelum melakukan perjalanan jauh, ada baiknya jika mengunduh Maps yang akan dilalui agar bisa dipakai offline. Sebab, Google Maps atau Waze butuh sinyal dan koneksi internet. Ini jadi masalah jika harus bepergian ke pelosok yang tidak ada sinyal.


7. Menyiapkan Playlist Lagu Favorit
Walaupun harus fokus selama menyetir, tidak ada salahnya mencari aktivitas menyenangkan selama tidak mengganggu konsentrasi mengemudi. Misalnya, mendengarkan lagu-lagu favorit yang sudah di unduh offline di ponsel. Atau, mengobrol seru selama perjalanan. Ini membuat perjalanan jadi tidak terasa lama dan tidak cepat lelah.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2860 seconds (0.1#10.140)