Mazda CX-50 Resmi Meluncur, Ini yang Bikin Beda dengan Mazda CX-5

Selasa, 16 November 2021 - 14:00 WIB
loading...
Mazda CX-50 Resmi Meluncur, Ini yang Bikin Beda dengan Mazda CX-5
Mazda CX-50 mengadopsi desain Mazda generasi ketujuh dan dibuat khusus untuk berpetualang di medan berat. Foto/Autoblog.
A A A
JAKARTA - Mazda akhirnya merilis resmi SUV terbaru mereka, Mazda CX-50 . Mobil SUV baru itu memiliki desain terbaru, tampilan lebih keren dan makin garang dibanding Mazda CX-5.

Disebutkan situs Car and Driver Mazda CX-50 hadir dengan orientasi yang berbeda dibanding Mazda CX-5. Jika Mazda CX-5 dibuat untuk memenuhi kebutuhan urban yang wara-wiri di jalanan Ibu Kota, Mazda CX-50 justru hadir untuk memenuhi dahaga konsumen yang ingin berpetualang di medan berat alias offroad.

Spesifikasi offroad memang sangat mudah ditemukan di Mazda CX-50. Meski belum ada spesifikasi resmi, Mazda mengklaim ground clearance Mazda CX-50 lebih tinggi dibanding Mazda CX-5. Selain itu mereka juga melengkapi mobil itu dengan berbagai perlengkapan offroad seperti roof rack berukuran besar.



Mazda CX-50 Resmi Meluncur, Ini yang Bikin Beda dengan Mazda CX-5


Mazda bahkan mengklaim pintu bagian belakang bisa dibuka lebih lebar ketimbang mobil Mazda lainnya. Hal itu dilakukan agar pemilik mobil bisa memasang roof rack dan roof box dengan nyaman.

Beberapa elemen plastik yang ada di eksterior mobil juga menguatkan keinginan Mazda membuat mobil itu jadi mobil pekerja keras. Material plastik yang terlihat terdapat di bagian bumper dan belakang membuat mobil itu siap bertarung dengan medan berat tanpa harus membuat pemilik mobil khawatir mobil akan rusak karena terjangan kerikil dan lainnya.

Soal spesifikasi, seperti disebutkan di atas, Mazda memang masih menutup rapat-rapat informasi itu. Autoblog menduga Mazda CX-50 akan dilengkapi dengan beberapa pilihan mesin. Varian standar nantinya akan menggunakan mesin 4 silinder 2.5 liter naturally aspirated. Hanya saja nantinya akan mesin opsional yang sudah dilengkapi turbo.



Mazda CX-50 Resmi Meluncur, Ini yang Bikin Beda dengan Mazda CX-5


Selain itu sistem penggerak empat roda permanen atau All Wheel Drive akan dipasang di semua model. Nantinya mobil itu akan dilengkapi beberapa mode berkendara seperti Normal, Sport, Towing dan Offroad.

Menurut insinyur Mazda Dave Coleman, hanya satu mode off-road yang ditawarkan. Keputusan itu membuat insinyur-insinyur di Mazda berupaya membuat mekanisme mesin yang lebih agresif dan kuat ketika diajak melintasi medan berat. Hal itu akan ditemukan seperti pembuatan sistem G-Vectoring yang lebih adaptif. Nantinya sistem itu b isa memotong torsi saat berbelok untuk memindahkan bobot ke roda depan agar lebih cengkeraman.

Ada sejumlah informasi menarik lainnya. Mazda CX-50 juga akan menjadi Mazda pertama yang ditawarkan dengan panoramic sunroof, dan akan menjadi yang pertama diproduksi di pabrik gabungan baru Mazda dan Toyota di Alabama, Amerika Serikat.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3101 seconds (0.1#10.140)