Ferrari Daytona SP3, Bangkitkan Lagi Romantika Ferrari VS Ford Jilid Dua

Senin, 22 November 2021 - 21:00 WIB
loading...
Ferrari Daytona SP3, Bangkitkan Lagi Romantika Ferrari VS Ford Jilid Dua
Ferrari Daytona SP3 hanya diproduksi sebanyak 599 unit dan sudah ludes terjual untuk konsumen istimewa Ferrari. Foto/Netcarshow.
A A A
MARANELLO - Ferrari menghadirkan mobil baru Ferrari Daytona SP3. Mobil itu membangkitkan kembali romantika perseteruan Ferrari vs Ford Jilid Dua.

Bagi Anda yang sudah menonton film Ford v Ferrari yang diperani oleh Matt Damon dan Christian Bale tentu tahu kisah nyata perseteruan pabrikan mobil Amerika dan Italia itu di ajang balap ketahanan 24 jam Le Mans 1966, Prancis. Saat itu Ford berhasil mengalahkan mobil Ferrari dengan Ford GT.

Kekalahan itu ternyata membuat luka yang dalam buat pendiri Ferrari, Enzo Ferrari. Pria kelahiran 20 Februari 1898 itu bertekad membalas kekalahan itu langsung di tempat Ford dilahirkan, Amerika Serikat. Tepatnya di ajang balap mobil paling prestisius di negeri Paman Sam, Daytona 24 Hours.

Saat itu Enzo Ferrari meminta para insinyur yang bekerja di Maranello, Italia membuat sebuah mobil yang mampu membuat malu Ford di negerinya sendiri. Dari situ lahirlah Ferrari P4. Nyatanya mobil dengan desain unik dan mesin ditengah itu mampu memenuhi keingina Enzo Ferrari dengan mengalahkan Ford langsung di kandangnya sendiri.




Ferrari Daytona SP3, Bangkitkan Lagi Romantika Ferrari VS Ford Jilid Dua


Romantika kemenangan itulah yang berusaha dibangkitkan lagi oleh Maranello lewat mobil spesial Ferrari Daytona SP3. Mobil yang hanya diproduksi sebanyak 599 unit itu merupakan penghormatan atas keberhasilan Enzo Ferrari membayar tuntas rasa malunya karena dikalahkan Ford di ajang Le Mans 24 Hours.

Ferrari Daytona SP3 memang sangat menarik. Mobil yang langsung ludes terjual itu memang masuk dalam kategori mobil spesial buatan Ferrari yakni "Icona". Label itu membuat tidak semua orang bisa memilikinya. Hanya orang-orang superkaya yang setia dengan Ferrari boleh memiliki mobil itu. Harga tebusannya juga sangat fantastis, disebutkan Top Gear, mencapai 2 juta Euro atau setara Rp32 miliar.

Harga yang luar biasa itu terbayar dengan desain yang unik dan spesifikasi teknis yang menakjubkan. Ferrari Daytona SP3 hadir dengan desain yang sangat berbeda dengan Ferrari moderen yang ada saat ini.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)