5 Cara Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Rabu, 01 Desember 2021 - 22:01 WIB
loading...
5 Cara Memilih Asuransi Mobil yang Tepat
Jika pembelian asuransi mobil dilakukan secara gegabah, akan membuat berat ketika harus membayar premi rutin. Foto: dok Wuling.id
A A A
JAKARTA - Mobil merupakan benda yang memiliki nilai cukup tinggi. Hal ini tentu menjadi sebuah pertimbangan tersendiri bagi Anda untuk merawat dan melindunginya dengan sebaik-baiknya. Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi mobil tersebut adalah dengan cara membeli asuransi kendaraan. Namun saat membeli asuransi, sebaiknya dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar premi.



Jika pembelian asuransi mobil dilakukan secara gegabah, akan membuat berat ketika harus membayar premi rutin. Dilansir dari berbagi sumber, Rabu (1/12), berikut cara memilih asuransi mobil paling tepat sesuai kebutuhan :

1. Lakukan survei
Langkah pertama, pastikan untuk melakukan survei perusahaan asuransi terlebih dahulu. Biasanya perusahaan asuransi terbaik memiliki jumlah nasabah yang melimpah, dan platform online-nya pasti digunakan oleh banyak orang. Selain itu, perusahaan asuransi terbaik pastinya memiliki koleksi produk berkualitas. Cermati berbagai produk asuransi yang mereka tawarkan, serta bandingkan dengan perusahaan asuransi lain.

2. Pilih produk yang sesuai
Pilihlah produk asuransi mobil paling tepat dan paling sesuai dengan kebutuhan. Anda bebas memilih jenis asuransi yang ingin dibeli, entah itu adalah asuransi All Risk atau Total Loss Only (TLO). Perusahaan asuransi yang menawarkan sistem All Risk akan menawarkan ganti rugi kendaraan mobil dengan segala jenis resiko dan kerusakan. Sedangkan asuransi TLO menggunakan sistem penggantian dana pada pemilik kendaraan dengan tingkat kerusakan di atas 75%.

3. Perhatikan kontrak kerjasama
Selanjutnya, pastikan untuk memperhatikan dengan kontrak kerjasama yang diberikan. Karena sekali menandatangani dokumen tersebut, maka proses pembayaran premi dan klaim asuransi akan berjalan mutlak seperti yang tertera pada kontrak.

4. Memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas
Pastikan juga perusahaan asuransi yang akan dipilih memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas serta memiliki kualitas dan terlisensi yang baik. Dengan memiliki jaringan bengkel yang luas maka Anda mempunyai pilihan yang lebih banyak untuk menentukan bengkel tempat mobil diperbaiki. Misalnya, lokasi mudah dijangkau, bengkel berlisensi dan memiliki standar perawatan dan suku cadang yang tinggi, serta sesuai jenis kendaraan.

5. Memberikan akses pelayanan yang lengkap
Akses pelayanan merupakan salah satu faktor penting yang harus menjadi pertimbangan saat memilih asuransi mobil. Misalnya, apakah perusahaan asuransi memiliki akses yang mudah dihubungi terutama saat keadaan darurat. Jadi saat membutuhkan informasi kita dapat dengan mudah menghubungi perusahaan asuransi. Pilih perusahaan asuransi yang memiliki call center 24 jam.



Selain itu perusahaan asuransi kini juga banyak yang memberikan layanan keselamatan darurat di jalan raya, layanan derek gratis, dan lain sebagainya. Tapi yang terpenting adalah pilih perusahaan asuransi yang memberikan kemudahan layanan ketika Anda akan mengajukan klaim. Banyak perusahaan asuransi yang kini bisa memproses klaim dalam satu hari sebelum kendaraan direferensikan ke bengkel rekanan yang kita pilih.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2274 seconds (0.1#10.140)