Ini Penjelasan Kenapa AC Mobil Harus Dimatikan Saat Jalan Menanjak

Jum'at, 10 Desember 2021 - 19:07 WIB
loading...
Ini Penjelasan Kenapa AC Mobil Harus Dimatikan Saat Jalan Menanjak
Setiap kali menemui jalan menanjak, seringkali pengemudi mematikan AC dengan alasan agar mobil kuat menanjak. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Setiap kali menemui jalan menanjak, seringkali pengemudi mematikan AC dengan alasan agar mobil kuat menanjak. Tetapi apakah AC mobil memang berpengaruh terhadap tenaga mesin jika jalan menanjak? Ternyata memang ada penaruhnya.

Mungkin Anda kerap melihat banyak pengemudi mobil yang mematikan AC ketika menemui jalan menanjak dan terjal. Ternyata pengendara menerapkan cara itu untuk memaksimalkan serta memberikan nafas panjang pada tenaga dan torsi mesin.

Cara ini sempat jadi perdebatan banyak orang karena tidak sedikit yang menganggap cara tersebut tidak ada pengaruh ke torsi mesin.



Lalu bagaimana penjelasan yang tepat? Ulasan ini akan menuntaskan perdebatan mematikan AC saat jalan menanjak.

Dikutip dari situs Hyundai Mobil, Jumat (10/12/2021), mematikan AC saat jalan menanjak ternyata sangat berpengaruh terhadap mobil, terutama mobil dengan kapasitas cc kecil. Sebab sistem AC bekerja melalui komponen kompressor yang digerakan oleh belt dan diputar oleh mesin.

Ketika sistem AC bekerja, putaran kompresor akan mengambil sedikit tenaga dari mesin untuk menjalankan tugasnya dalam mendinginkan kabin.

Jadi proses kerja AC dan mesin mobil itu bergerak secara bersamaan. Maka ketika mobil membutuhkan tenaga lebih, mematikan AC dapat menjadi solusi.



Karena mesin yang digunakan memiliki kapasitas tenaga yang kecil, maka beban presentase AC mobil menjadi besar. Seperti contoh dalam proses kerjanya kompressor bisa merampas hingga 10% tenaga.

Untuk mengembalikan tenaga mesin yang utuh saat dibutuhkan ketika jalan menanjak, maka opsi mematikan AC dinilai sebagai anjuran positif.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3294 seconds (0.1#10.140)