Disebut Kembaran Suzuki Alto, Mazda Memperkenalkan Mobil Mungil Carol

Senin, 27 Desember 2021 - 08:34 WIB
loading...
Disebut Kembaran Suzuki Alto, Mazda Memperkenalkan Mobil Mungil Carol
Mazda memperkenalkan Carol yang sangat mirip dengan Suzuki Alto. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Mazda baru-baru ini memperkenalkan model Carol kei-car ke pasar Jepang dengan opsi jangkauan tenaga hybrid ringan. Mobil mungil ini disebut-sebut sangat mirip dengan Suzuki Alto.

Seperti dilansir dari Carscoop, Carol pertama kali diluncurkan pada tahun 1962 sebagai kei-car pertama Mazda. Dari tahun 1980 hingga sekarang, diproduksi oleh Suzuki sebagai versi rebadge dari Alto.



Setelah Alto datang dengan generasi baru bulan lalu, sekarang saatnya bagi Carol untuk menerima peningkatan yang sama.

Jadi, tak heran jika keduanya tidak jauh berbeda. Di antara perbedaannya adalah bahwa Carol tidak dilengkapi dengan lapisan krom di bagian depan seperti Alto.

Peralatan keselamatan mencakup 6 Airbag, ditambah beberapa sistem ADAS dasar termasuk sistem pendukung rem kamera ganda, peringatan keberangkatan jalur, bantuan sinar tinggi, dan dukungan rem saat mundur.

Carol tidak mendapatkan infotainment 7-inci Alto karena semua grade dilengkapi dengan panel plastik yang menutupi area di antara ventilasi kontrol iklim. Namun, trim yang lebih tinggi mendapatkan fitur seperti lampu depan LED, velg 14 inci, dan AC otomatis.
Mazda mengumumkan tiga trim level Carol – GL, Hybrid GS, dan Hybrid GX. Yang pertama hanya ICE, dengan mesin bensin tiga silinder 660cc yang menghasilkan 48 hp ( 36 kW / 49 PS).

Tenaga dikirim ke depan (2WD) atau ke keempat roda (4WD) secara eksklusif melalui gearbox CVT. Varian Hybrid menambahkan generator starter terintegrasi (ISG) yang menghasilkan 2,5 hp (1,9 kW / 2,6 PS) dan paket baterai lithium-ion. Trim paling hemat memiliki konsumsi bahan bakar 3,61 lt/100km (65 mph).

Desain bodinya yang boxy dan imut tetap dipertahankan. Dari segi dimensi, Carol memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.525 mm dengan jarak sumbu roda 2.460 mm.

Mazda Carol akan tersedia di Jepang mulai pertengahan Januari 2022. Harganya berkisar dari USD8.732 hingga USD11.396, membuatnya setara dengan varian Suzuki Alto Hybrid yang setara.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)