Bedah Modifikasi ala Sultan Jeep Wrangler dari Bekasi Telan Biaya Rp1,3 M

Kamis, 30 Desember 2021 - 06:00 WIB
loading...
Bedah Modifikasi ala Sultan Jeep Wrangler dari Bekasi Telan Biaya Rp1,3 M
Modifikasi Jeep Wrangler Rubicon tahun 2014 menggunakan paket aksesoris dari Bodyguard Bumpers yang dijual eksklusif di Amerika Serikat.Foto/SINDONEWScom-Wahyu Sibarani.
A A A
JAKARTA - Jeep Wrangler Rubicon tahun 2014 milik modifikator Raden Patra Dimas menghabiskan biaya yang superwah mencapai Rp1,3 miliar karena memesan jirah khusus dari Amerika Serikat.

Aksesoris yang dipesan dari Amerika Serikat itu memang bukan paket modifikasi biasa melainkan dari Bodyguard Bumpers. Produsen aksesoris berbasis di Paris, Texas, Amerika Serikat itu memang mengkhususkan diri membuat berbagai perlengkapan tambahan mobil-mobil SUV legendaris buatan Amerika Serikat.

Situs Engine Block menyebutkan aksesoris buatan Bodyguard Bumpers menggabungkan antara kekuatan dan gaya. “Kualitas dan durabilitas buatan mereka tidak perlu diragukan lagi,” tulis Engine Block.

Masalahnya adalah membeli Bodyguard Bumpers tidak semudah membayar uang dan menunggu barang dikirim. Bodyguard Bumpers ternyata hanya dijual untuk wilayah Amerika Utara saja. “Jadi kalau ingin mendandani mobil dengan produk ini, hanya warga atau orang yang tinggal di Amerika saja,” jelas pria berumur 30 tahun ini.

Karena sangat penasaran dengan produk tersebut, Raden Patra Dimas meminta bantuan temannya yang tinggal di Amerika Serikat. Namun proses pengiriman cukup memakan waktu. Total seluruh part yang dikirim baru terkumpul semua selama 1,5 tahun.Untungnya penantian panjang itu memang terlihat sepadan.



Bedah Modifikasi ala Sultan Jeep Wrangler dari Bekasi Telan Biaya Rp1,3 M


Bumper depan belakang diganti pakai produk Bodyguard, termasuk fender dan inner fender-nya, yang membuat ruang untuk ban jadi lebih lega. Menurutnya penggantian fender tersebut tanpa perlu mencoak bodi bawaan, alias pemasangannya pluq and play, karena memang dirancang untuk Jeep Wrangler Rubicon .

Untuk membantu penerangan saat malam hari, pada bumper depan dan belakang Bodyguard tersebut ditanam lampu tembak Rigid SR-Series Pro, dua di depan dan empat lagi di belakang. Kemudian lampu belakang diganti pakai LED back tail light J.W. Speaker 279 J Series USA.

Nah, biar makin keren, kap mesin diganti pakai punya Rubicon edisi Aniversary Tak hanya itu, headlamp juga diganti pakai produk J.W. Speaker Carbon Patterned Bezel 8700 Evolution J2 buatan Amerika Serikagt. Termasuk seinnya juga pakai keluaran J.W. Speaker berkode 239 J2 Series Smoked Lens yang sudah LED.

Tak lupa perati recovery, yakni winch Warn Evo 12S Plasma buatan USA, turut dipasang. Untuk hook-nya menggunakan produk Monster Hooks Candy Red Candy Swivel Hook yang juga made in USA. Selebihnya, ada tambahan rigid bracket upper windshield mount kit 50" E/SR Series Bars USA, Rigid Rigid Industries D Series PRO-SPOT pattern, dudukan plat nomor AEV, serta footstep AMP Research Xtreme USA.



Bedah Modifikasi ala Sultan Jeep Wrangler dari Bekasi Telan Biaya Rp1,3 M


Di bagian kabin, guna meningkatkan kenyamanannya Raden Patra Dimas memilih mengganti jok pakai produk dari Wollsdorf Leader. Jok kulit dari Austria ini umumnya diperuntukan untuk super car. Warna yang dipilih yaitu Red Nappa.

Selanjutnya pada beberapa bagian bahan jok kulit tersebut dipasangkan aksesoris Crown dari Anjuny yang katadia sangat langka. Sedangkan untuk panel-panel di interior,dia lebih menyukai menghiasinya dengan aksen krom. “Kombinasi ini membuat interior terkesan mewah dan elegan. Tampak sangat ekslusif walaupun di dalam sebuah mobil jip.” “Saya ingin mengubah citra mobil jip yang garang, jadi terkesan elegan dan eksklusif,” sambungnya.

Ubahan di sektor kaki-kaki juga tak tanggung-tanggng, shockbreaker semua menggunakan King Off-Road Racing Shock kasta tertinggi, baik dari bagian depan maupun belakang. Tak lupa dipadukan juga dengan King Shocks Bump Stops agar bantingan lebih stabil pada keduanya. Kemudian pelek diganti pakai produk Fuel Zephyr Beadlock original berdiameter 17 inci dan lebar 9 inci.

Dapur pacu tak ketinggalan kena sentuhan modifikasi, dan ubahan yang dilakukandia cukup banyak. Antara lain pasang alumunium power steering reservoir tank Mishimoto, ignition coil MSD Red USA, busi Brisk original USA, radiator alumunium Mishimoto, slang radiator full set dari Mishimoto, throttle body BBK 78 mm USA, hingga cold air intake filter system ram air Mopar Racing USA.

Tak ketinggalan untuk perkuat kelistrikan, dipasang aki Optima Yellow USA. Terakhir untuk memaksimal performa mesin, dilakukan remap ECU.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)