Jepang Luncurkan Mobil yang Bisa Jalan di Aspal dan Rel Kereta

Minggu, 02 Januari 2022 - 00:03 WIB
loading...
Jepang Luncurkan Mobil yang Bisa Jalan di Aspal dan Rel Kereta
Dual Mode Vehicle mobil yang bisa berjalan di aspal dan rel kereta. FOTO/ IST
A A A
TOKYO - Jepang tidak hanya menjadi pusat perusahaan otomotif b esar dunia, tetapi juga merupakan tempat yang memiliki berbagai macam kendaraan unik bahkan aneh.

Seperti dilansir dari Carscoops, Dual Mode Vehicle (DMV) adalah kendaraan berbentuk seperti bus yang biasa kita lihat di jalan.



Yang membedakannya dengan bus biasa adalah adanya dua set roda kereta api yang memungkinkan bus ini beroperasi di jalur kereta api.

Proses 'tukar' roda ini hanya membutuhkan waktu sekitar 15 detik, dan karena itu DMV sangat cocok untuk diintegrasikan pada jaringan kereta api Jepang yang luas.

DMV memiliki kecepatan sekitar 100 km/jam di jalan beraspal, namun di jalur kereta api, kecepatannya dibatasi hanya 60 km/jam.

Layanan DMV secara resmi diluncurkan di Kaiyo, Tokushima dan masing-masing bus dua mode ini mampu mengangkut hingga 21 penumpang sekaligus.

Dioperasikan oleh Asa Coast Railway yang menghubungkan antara provinsi Tokushima dan Kochi sebagai objek wisata untuk membantu perekonomian kota kecil yang penuh dengan penduduk lanjut usia.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3394 seconds (0.1#10.140)