Profesor Jepang Buka Rahasia Kenapa Mobil Listrik China Ini Bisa Murah

Senin, 31 Januari 2022 - 19:00 WIB
loading...
Profesor Jepang Buka Rahasia Kenapa Mobil Listrik China Ini Bisa Murah
Komponen yang digunakan Wuling Hongguang Mini EV merupakan komponen umum yang mudah didapatkan. Foto/Nikkei Asia.
A A A
JEPANG - Masayoshi Yamamoto, profesor dari Nagoya University, Jepang membuka rahasia kenapa mobil listrik buatan China, Wuling Hongguang Mini EV bisa jadi terlaris didunia. Dialporkan Nikkei Asia, Masayoshi Yamamoto mengoprek habis-habisan mobil buatan China itu untuk menemukan jawaban kenapa Wuling Hongguang bisa sangat murah dibandingkan mobil listrik lainnya.

Diketahui saat ini Wuling Hongguang Mini EV dijual di harga 28.800 Yuan atau setara Rp65,6 juta. Harga yang sangat murah itu membuat Wuling Hongguang Mini EV jadi mobil listrik terlaris di dunia dengan jumlah penjualan mencapai 500.000 unit sejak diperkenalkan pertama kali pada 2020.

Dari situlah Masayoshi Yamamoto penasaran kenapa mobil listrik andalan Wuling itu bisa dijual sangat murah dibanding kompetitornya. Dia pun akhirnya mendatangkan langsung mobil itu dari China ke Jepang.

Begitu datan, mobil imut itu langsung dibongkar habis oleh Masayoshi Yamamoto. Seluruh komponen mobil dilepas dan kemudian diestimasi. Dari penelitiannya dia menghitung seluruh komponen yang ada di Wuling Hongguang Mini EV hanya senilai 480.000 Yen atau sekitar Rp59,8 juta.



Profesor Jepang Buka Rahasia Kenapa Mobil Listrik China Ini Bisa Murah


Hal itu menurutnya mengejutkan karena pada umumnya komponen yang dibutuhkan untuk membuat mobil listrik akan sangat mahal. Uniknya Wuling justru bisa mendapatkan komponen mobil listrik yang justru memiliki harga yang rendah.

Menurut Masayoshi Yamamoto hal itu terjadi karena komponen yang digunakan bukanlah komponen eksklusif. Komponen yang digunakan di Wuling Hongguang Mini EV adalah part-part yang sangat mudah ditemukan. "Bahkan bisa ditemukan di laci perlengkapan rumah Anda," ujar Masayoshi Yamamoto.

Dia mencontohkan bearing mobil yang ternyata merupakan bearing umum buatan China yang dapat digunakan di berbagai industri lain. Jadi bukan bearing yang dibuat secara khusus untuk mobil listrik.

Bagian lain yang bisa membuat mobil listrik China itu murah adalah teknologi pengereman regeneratif. Berbeda dengan mobil listrik yang menggunakan teknik itu untuk mengisi baterai, Wuling Hongguang Mini EV sama sekali tidak memiliki teknologi pengereman regeneratif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7228 seconds (0.1#10.140)