Mengintip Mobil yang Beredar di Korea Utara, Ternyata Ada Merek Terkenal

Selasa, 01 Februari 2022 - 17:52 WIB
loading...
Mengintip Mobil yang Beredar di Korea Utara, Ternyata Ada Merek Terkenal
Jumlah penduduk Korea Utara diperkirakan sekitar 25 juta orang dan hanya ada 30.000 kendaraan di jalan-jalannya. Foto/carscoops/Donut Media
A A A
PYONGYANG - Korea Utara jelas bukan produsen mobil seperti saudara dekatnya, Korea Selatan, dan juga bukan pangsa pasar potensial buat dunia automotif. Menjadi pertanyaan yang menggelitik, berapa banyak mobil mengaspal Korea Utara dan merek apa saja yang banyak dipakai.

Jumlah penduduk Korea Utara diperkirakan sekitar 25 juta orang dan hanya ada 30.000 kendaraan di jalan-jalannya. Mungkin, Korea Utara menjadikannya negara dengan tingkat kepemilikan mobil terendah di dunia.

Tentu sulit untuk menerka secara pasti, mengingat Korea Utara merupakan negara yang tertutup. Namun, video terbaru dari Donut Media mengintip penggunaan mobil di Korea Utara dan menemukan fakta yang menarik.
Mengintip Mobil yang Beredar di Korea Utara, Ternyata Ada Merek Terkenal


Dikutip dari laman carscoops, selain banyak kendaraan yang mengangkut personel militer (mencapai 5 persen dari populasi), ada juga kendaraan impor. Menurut para pembelot, Mercedes-Benz adalah kendaraan pemerintah de facto di Korea Utara, dan semakin tinggi posisi Anda, semakin mewah modelnya.



Toyota mewah juga ditemukan di jalan negara meskipun pembatasan perdagangan mencegah kedua produsen menjual mobil mereka di sana. Ada juga Volvo tahun 70-an di jalan-jalannya sebagai akibat dari satu pengiriman sebanyak 1.000.144 unit yang menurut dugaan negara itu tidak masuk akal.
Mengintip Mobil yang Beredar di Korea Utara, Ternyata Ada Merek Terkenal


Ada juga kendaraan yang diproduksi di dalam negeri karena Korea Utara punya dua pabrik pembuat mobil, yaitu Pyeonghwa Motors dan Sungri Motor Plant. Pabrik Sungri Motor didirikan pada tahun 1950 untuk membangun kendaraan militer untuk perang Korea.

Perusahaan ini telah lama menciptakan kendaraan penumpang tiruan untuk keperluan rumah tangga, dimulai dengan model Gaz dan sekarang membuat kendaraan yang mencurigakan seperti Volkswagen, Mercedes, dan lainnya. Kendaraan pertama yang kemungkinan besar telah dirakit di sana adalah Pobeda, sedan bergaya yang dirancang oleh USSR's Gaz.


Mengintip Mobil yang Beredar di Korea Utara, Ternyata Ada Merek Terkenal


Sementara itu, perusahaan automotif Pyeongwha membuat versi Fiat berlisensi berdasarkan Siena dan Doblo. Setelah kesepakatan itu habis, itu juga membuat versi peniru mobil dari tempat lain. Sekarang, perusahaan itu memiliki hak eksklusif untuk membangun mobil baru dan menjual kendaraan bekas di dalam negeri.

Korea Utara ternyata juga mengimpor mobil dari seluruh dunia, bukan hanya dari negara bekas Soviet. Ada Mercedes, VW, dan Toyota, tetapi sebagian besar impor dengan cepat diberi lencana baru dan bagian eksterior yang sedikit diubah. Itu dilakukan untuk menyembunyikan asal produsen mobil dan mengklaim sebagai mobil domestik Korea Utara.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3139 seconds (0.1#10.140)