Minyak Rem Mobil Dilihat dari Kode dan Fungsinya

Rabu, 16 Februari 2022 - 16:23 WIB
loading...
Minyak Rem Mobil Dilihat dari Kode dan Fungsinya
Minyak Rem Mobil dan Fungsinya. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Minyak rem mobil merupakan bagian penting lantaran sering digunakan ketika berkendara. Untuk itu penting rasanya memahami jenis minyak rem mobil yang bagus agar sistem pengereman berfungsi maksimal.


Minyak rem mobil berfungsi melumasi gesekan komponen cakram dan kampas guna menghentikan laju kendaraan. Kedua logam yang saling bergesakan tersebut harus dilumasi minyak rem agar tidak mudah panas dan kering. Namun untuk mengganti minyak rem, anda harus memperhatikan spesifikasi minyak rem sesuai dengan sistem pengereman kendaraan anda.

DIlansir dari berbagai sumber, sebelum mengenali merk minyak rem yang bagus, and harus terlebih dahulu memahami spesifikasi minyak rem.

Cek Kode DOT (Department of Transportation)

Kode DOT ini berfungsi untuk menunjukkan titik didih minyak rem saat digunakan. Caranya lihat pada kemasan dengan kode dot. Jangan sampai kode dot yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi yang diwajibkan oleh pabrikan mobil.

Minyak Rem Dot 3

Minyak Rem DOT 3 mengandung Polyglycol ether yang hydroscopic dan bersifat menyerap air. Sehingga, jika minyak rem jenis ini tercampur atau dicampur dengan air maka wujudnya tidak berubah, sekalipun sifatnya telah berubah.

Minyak Rem DOT 4

Jenis minyak rem DOT 4 memiliki bahan dasar glikol eter, namun ditambahkan ester borat sebagai aditif. Bahan aditif ester borat ini dapat memperbaiki titik didih dari tipe DOT 4 dan diperuntukan untuk kendaraan yang sistem remnya bersuhu tinggi.

Minyak Rem DOT 5
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)