Cara Melepas Aki Mobil dengan Benar, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Senin, 14 Februari 2022 - 14:08 WIB
loading...
Cara Melepas Aki Mobil dengan Benar, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah
Cara melepas aki pada mobil dengan benar dan aman harus dilakukan pemilik mobil untuk menghindari kerusakan pada komponen kelistrikan mobil. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Cara melepas aki mobil dengan benar dan aman harus dilakukan pemilik mobil untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang akan berakibat pada rusaknya aki atau komponen kelistrikan mobil.

Aki merupakan salah satu komponen penting di dalam mobil yang berfungsi sebagai tempat untuk penyimpanan energi listrik. Selain itu, aki juga berfungsi sebagai pendorong energi ke starter mobil, lampu mobil, AC, hingga sistem pengapian mobil.

Beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum melepas aki mobil diantaranya adalah memastikan mesin mobil tidak dihidupkan. Melepas aki ketika mesin mobil dalam keadaan hidup akan berakibat pada kerusakan fatal pada mobil, salah satunya pada bagian ECU.

BACA: Aki Mobil Rusak Jangan Langsung Diganti, Perbaiki dengan Cara Ini

Berikut cara melepas aki mobil dengan benar dan aman yang bisa anda lakukan sendiri di rumah:



1. Persiapkan Alat

Anda perlu mempersiapkan alat-alat yang diperlukan untuk melepas aki mobil seperti tang, kunci pas, hingga obeng minus.

2. Lepaskan Dahulu Bagian Negatif

Ketika membuka aki mobil , Anda harus melepas bagian kutub negatifnya dulu sebelum nantinya melepas bagian kutub positif. Ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya korsleting yang bisa merusak aki dan membahayakan diri sendiri.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1487 seconds (10.101#12.26)