Ini Fungsi Alat-alat Berat yang Siap Muluskan Lagi Aspal Sirkuit Mandalika

Sabtu, 19 Februari 2022 - 10:15 WIB
loading...
Ini Fungsi Alat-alat Berat yang Siap Muluskan Lagi Aspal Sirkuit Mandalika
Perbaikan kembali aspal Sirkuit Mandalika akan diperkirakan selesai sebelum 10 Maret 2022. Foto/Instagram MotoGP Mandalika.
A A A
JAKARTA - PT Pembangunan Perumahan (PP) mulai mendatangkan berbagai alat-alat berat yang siap memuluskan lagi aspal Sirkuit Mandalika sesuai regulasi. Pengiriman alat-alat berat itu sudah dimulai sejak Jumat (18/2/2022) lalu dan diperkirakan akan sampai di sirkuit kebanggaan Indonesia Sabtu (19/2/2022) sore ini.

Priandhi Satria, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyatakan saat ini upaya peningkatan kembali asap Sirkuit Mandalika telah dilakukan dengan kordinasi menyeluruh. Komunikasi dilakuan dengan PT PP, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Federasi Sepeda Motor Internasional atau Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), Ikatan Motor Indonesia (IMD) serta Dorna.

Pihak-pihak itu akan turut serta memastikan kualitas bahan baku, pengaspalan dan melihat jalannya proses pekerjaan dari waktu ke waktu, serta untuk memastikan hasil pengaspalan yang baik.

Untuk memenuhi tuntutan itu,tidak tanggung-tanggung ada banyak alat-alat berat yang dikerahkan. Tentu saja setiap alat berat itu punya fungsi dan kerjanya masing-masing. Yuk cermati apa saja fungsinya:

1. Asphalt Finisher
Ini Fungsi Alat-alat Berat yang Siap Muluskan Lagi Aspal Sirkuit Mandalika


Asphalt finisher adalah alat untuk menghamparkan campuran aspal hot mix yang dihasilkan dari alat produksi aspal yaitu Asphalt Mixing Plant (AMP) pada permukaan jalan yang akan dikerjakan. Terdapat dua jenis Asphalt Finisher yaitu jenis crawler yang menggunakan track dan jenis roda karet (Wheeled).

Pada Asphalt Finisher jenis track, penghamparannya lebih halus serta lebih datar dibandingkan Asphalt Finisher yang menggunakan roda karet dengan ukuran yang sama. Asphalt Finisher Memiliki roda yang berupa kelabang atau dimaksud dengan crawler track dengan hopper yang tidak beralas.

Sedangkan dibawah hopper terdapat pisau yang juga selebar hopper. Ketika sistem penghamparan, awalannya diawali dengan memasukkan aspal ke hopper. Lalu aspal bakal segera turun ke permukaan serta disisir oleh pisau. Untuk memperoleh tingkat kerataan yang dikehendaki bakal ditata oleh pisau tersebut.

2. Tandem Roller
Ini Fungsi Alat-alat Berat yang Siap Muluskan Lagi Aspal Sirkuit Mandalika


Tandem roller adalah alat untuk memadatkan tumpukan atau tanah yang akan diratakan hingga tanah atau tumpukan jadi padat. Dalam penyelesaiannya alat berat ini umumnya dipakai dalam pengerjaan jalan, bagus untuk jalan tanah dan jalan dengan pengerasan lentur atau pengerasan kaku.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)