Cara Membaca Dipstick Oli Mobil dengan Mudah

Selasa, 01 Maret 2022 - 15:27 WIB
loading...
Cara Membaca Dipstick Oli Mobil dengan Mudah
Cara membaca disptick oli mobil terbilang cukup mudah. Dipstick digunakan untuk mengambil sample pelumas. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Cara membaca disptick oli mobil terbilang cukup mudah. Beberapa orang mungkin ingin mengetahui cara membaca dipstick oli pada mobil tanpa pergi ke bengkel atau bertanya ke mekanik.

Jika anda perhatikan, komponen ini memiliki indikator ketinggian permukaan oli. Dipstick oli mobil ini memiliki tugas lain yaitu sebagai indikator kapasitas oli yang berguna untuk pemilik mobil agar bisa melakukan pengecekan sendiri pada mobilnya, dengan cara melihat kapasitas oli.

Anda bisa melakukan pengecekan dipstick oli di pagi hari ketika mobil belum dipanaskan, cara membacanya sangat mudah. Selain itu dipstick berguna sebagai alat untuk mengetahui kualitas pelumas yang dipakai.



Dipstick digunakan untuk mengambil sample pelumas, jika warna oli mobil sudah berubah lebih gelap artinya sudah harus diganti, pun bisa dicek dari baunya, jika berbau gosong, oli mobil tersebut sudah tidak optimal lagi.

Meski masa pakai pelumas dapat menempuh jarak 2.000 km namun bisa saja sebelum jarak tempuh tersebut pelumas harus diganti karena mesin bekerja lebih berat dari anjurannya. Misal sering mengangkut beban berat, medan yang berat, cuaca ekstrem dan kemacetan lalu lintas.



Dilansir dari Federal Oil dan Lifepal, berikut cara membaca dipstick oli mobil.

1. Oli berada di bawah LOW (L)
Saat oli kurang, posisi ketinggiannya akan ada di bawah garis L stik oli. Oli yang sudah benar-benar tiris dari mesin bahkan tidak akan terlihat saat dicek dengan menggunakan stik oli. Jika hal ini terjadi pada mobil Anda, segera lakukan pengisian ulang oli.

Perlu diingat, penyebabnya memang bisa karena kapasitas oli berkurang atau bisa juga karena terdapat kebocoran mesin atau rembesan oli di sekitar mesin.

2. Oli berlebihan atau posisi berasa di atas tanda Full
Bagaimana jika kondisi oli mesin terlalu penuh? Maka posisinya berada di atas tanda Full. Jangan sampai kondisi oli mesin terlalu penuh. Hal ini akan menyebabkan mesin menjadi berat akibat poros mesin yang terendam oli.

3. Oli normal atau posisi berada di antara Low dan Full
Jika posisinya berada di antara Low dan Full itu menandakan oli yang pas atau normal. Pada kapasitas inilah oli paling pas di mobil kamu, tidak terlalu sedikit atau kepenuhan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2726 seconds (0.1#10.140)