Sudah Mirip Mobil, Radar Cruise Control Dibuat untuk Honda Gold Wing

Rabu, 02 Maret 2022 - 10:41 WIB
loading...
Sudah Mirip Mobil, Radar Cruise Control Dibuat untuk Honda Gold Wing
Teknologi yang akan hadir di Honda Gold Wing semakin mirip dengan mobil-mobil berteknologi canggih. Foto/DOK. AHM
A A A
JAKARTA - Honda akan memberikan teknologi cruise control berdasarkan radar pada motor touring berukuran besar mereka, Honda Gold Wing. Teknologi cruise control saat ini memang bukan hal yang asing buat motor-motor berukuran besar.

Hanya saja saat ini kebanyakan cruise control yang digunakan lebih mengandalkan kamera. Jadi pengemudi motor hanya bisa mengatur cruise control pada kecepatan yang diinginkan.

Hal itu berbeda dengan cruise control yang menggunakan radar. Berkat radar, cruise control justru bisa mengatur kecepatan secara otomatis berdasarkan kondisi kecepatan kendaraan yang ada di depannya.



Sudah Mirip Mobil, Radar Cruise Control Dibuat untuk Honda Gold Wing


Saat ini teknologi tersebut dikenal dengan nama adaptive cruise control. Adaptif karena memang menyesuakan sendiri kecepatan berdasarkan laju kendaraan di depannya. Nah teknologi itulah yang akan diterapkan ke Honda Gold Wing.

Rideapart menyebutkan untuk penerapan teknologi adaptive cruise control, Honda telah mengajukan paten ke pihak terkait. Menariknya dari paten itu diketahui Honda tidak hanya membuat adaptive cruise control tapi juga fitur canggih lain Blind Spot Detection.



Sudah Mirip Mobil, Radar Cruise Control Dibuat untuk Honda Gold Wing


Fitur itu akan memungkinkan pengemudi Honda Gold Wing mengetahui kendaraan di belakang yang tidak terlihat di spion motor. Hal itu tentu akan membuat berkendara Honda Gold Wing jauh lebih aman dari generasi sebelumnya.

Menurut Rideapart kehadiran teknologi-teknologi terbaru itu justru semakin mengaburkan batasan teknologi keamanan yang ada di motor dengan mobil. Pasalnya saat ini berbagai fitur-fitur canggih di mobil seperti Blind Spot Detection dan Adaptive Cruise Control justru sudah bisa ditemukan di motor-motor besar.

Hanya saja memang hadirnya teknologi terkini itu akan membuat motor-motor berukuran besar itu akan jauh lebih mahal dari sebelumnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)