Bergabung! Sony dan Honda Siap Hadirkan Kendaraan Listrik

Sabtu, 05 Maret 2022 - 00:03 WIB
loading...
Bergabung! Sony dan Honda Siap Hadirkan Kendaraan Listrik
Sony dan Honda kembangkan kendaraan listrik. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Sony dan Honda dikabarkan akan membentuk perusahaan baru untuk menghadirkan kendaraan listrik. Meskipun belum resmi, namun kedua perusahaan sudah menandatangani nota kesepahaman kerja sama.

Melansir dari The Verge, Jumat (4/3/2022), perusahaan bentukan Sony dan Honda yang belum diketahui namanya itu diharapkan akan mulai dibentuk tahun ini. Sementara produk pertamanya akan hadir pada tahun 2025 mendatang.



Dilaporkan bahwa Honda akan bertugas memproduksi model pertama mulai dari desain, pengembangan, teknologi, hingga penjualan. Sedangkan Sony akan mengembangkan platform layanan mobilitasnya.

Dikatakan bahwa kemitraan dimaksudkan untuk menggabungkan keahlian Honda dalam membuat dan memasarkan mobil dengan kemampuan Sony dalam sensor gambar, telekomunikasi, dan hiburan.

“Tujuan Sony adalah untuk mmengisi dunia dengan emosi melalui kekuatan kreativitas dan teknologi. Melalui aliansi dengan Honda ini, yang telah mengumpulkan pengalaman dan pencapaian global yang luas dalam industri otomotif selama bertahun-tahun dan terus membuat kemajuan revolusioner di bidang ini, kami bermaksud membangun visi kami untuk membuat ruang mobilitas menjadi ruang yang emosional dan berkontribusi pada evolusi mobilitas yang berpusat pada keselamatan, hiburan, dan kemampuan beradaptasi," kata CEO Sony Kenichiro Yoshida dalam sebuah pernyataan.

“Kami akan melakukannya dengan memanfaatkan teknologi mutakhir dan pengetahuan Honda dalam kaitannya dengan lingkungan dan keselamatan, sambil menyelaraskan aset teknologi kedua perusahaan. Meskipun Sony dan Honda adalah perusahaan yang memiliki banyak kesamaan sejarah dan budaya, bidang keahlian teknologi kami sangat berbeda. Oleh karena itu, saya percaya aliansi yang menyatukan kekuatan kedua perusahaan kami ini menawarkan kemungkinan besar untuk masa depan mobilitas," lanjut CEO Honda Toshihiro Mibe.

Sony memang telah mengisyaratkan niatnya untuk memasuki dunia otomotif belakangan ini. Tetapi kerja sama ini lah yang menandai langkah konkret pertamanya ke industri komersial.

Di CES 2020, Sony memamerkan mobil konsep listrik bernama Vision-S, dan melanjutkannya di CES 2022 dengan Vision-S 02. Saat itu Sony mengumumkan rencana untuk mendirikan perusahaan operasi bernama Sony Mobility pada musim semi 2022.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2474 seconds (0.1#10.140)