Perbedaan Mencolok Mobil Berteknologi AWD dan 4WD

Sabtu, 05 Maret 2022 - 12:04 WIB
loading...
Perbedaan Mencolok Mobil Berteknologi AWD dan 4WD
Mobil yang menggunakan teknologi 4WD. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Mobil tipe AWD dan 4WD mungkin tidak asing di telinga. Seperti diketahui, AWD dan 4WD adalah sistem penggerak empat roda yang biasanya ditemukan di mobil offroad.

Namun begitu, tidak banyak yang tahu bahwa keduanya memiliki perbedaan. Supaya tidak bingung, berikut perbedaan mobil tipe AWD dan 4WD, seperti dilansir dari laman Auto2000.



Tipe AWD merupakan salah satu bagian dari 4WD. Sistem penggerak mobil ini menggunakan keempat roda untuk menempuh berbagai medan jalan.

Sesuai dengan namanya, mobil dengan sistem penggerak AWD akan mengaktifkan seluruh roda ketika berada di berbagai tipe jalan, entah itu mulus atau bergelombang. Tak heran kalau mobil jenis ini membutuhkan bahan bakar yang relatif lebih banyak daripada lainnya.

Sistem penggerak AWD kebanyakan diterapkan pada sport car atau mobil SUV terbaik yang mengandalkan kecepatan.

Mobil 4WD dan AWD sering kali dianggap sebagai sistem penggerak yang sama. Padahal, ada perbedaan cukup jelas di antara keduanya.

Kalau sistem AWD menggerakkan seluruh roda mobil tanpa bisa diatur, maka pada 4WD jumlah roda yang bergerak bisa diatur jumlahnya.

Misalnya, hanya dua roda bagian depan atau belakang, atau justru keempatnya sekaligus. Biasanya itu dilakukan melalui menekan tombol, memutar knob, atau menggerakkan tuas.

Ini menjadi alasan kenapa mobil 4WD banyak dipakai untuk offroad.

Itulah perbedaan mobil AWD dan 4WD . Dengan mengetahui perbedaan keduanya, semoga bisa membantu memilih mobil sesuai kebutuhan dan jenis medan yang biasa dilalui.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4915 seconds (0.1#10.140)