3 Rekomendasi Shockbreaker Mobil Terbaik nan Empuk

Senin, 07 Maret 2022 - 14:38 WIB
loading...
3 Rekomendasi Shockbreaker Mobil Terbaik nan Empuk
Shockbreaker mobil adalah salah satu aspek yang menunjang kestabilan, keamanan maupun kenyamanan berkendara. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Shockbreaker mobil adalah salah satu aspek yang menunjang kestabilan, keamanan maupun kenyamanan berkendara. Shockbreaker mobil berfungsi untuk menyerap dan menahan guncangan ketika mobil melaju pada permukaan jalan yang tidak rata.

Shockbreaker merupakan komponen penting kendaraan, jadi harus mengetahui cara memilih dengan baik. Pemilik mobil disarankan tidak sembarang membeli shockbreaker mobil, perlu dipastikan lebih dulu jenis yang sesuai dengan tipe kendaraan agar tetap aman dan nyaman saat digunakan.

Shockbreaker mobil itu erat kaitannya dengan kenyamanan dan safety, anda sebaiknya memilih dengan cermat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut rekomendasi Shockbreaker mobil.

1. Bilstein
3 Rekomendasi Shockbreaker Mobil Terbaik nan Empuk


Bilstein adalah salah satu merek shockbreaker mobil terkemuka yang telah sukses selama lebih dari 50 tahun. Spesialisasi dari shockbreaker produksi Jerman ini adalah damping yang tergolong keras dengan rebound yang cepat.

Berkat penggunaan teknologi canggih, Bilstein terasa halus dan empuk bahkan saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Keunggulan lain dari shock absorber jenis ini antara lain kemampuannya untuk menjaga kestabilan kendaraan pada kecepatan tinggi, menahan beban yang besar dan meredam guncangan secara optimal saat berkendara melalui jalan bergelombang atau berlubang.

Sedangkan, kelemahan dari Bilstein adalah tingkat kekerasan dan keempukannya tidak dapat diatur karena ini adalah paten dari pabrikan. Shockbreaker Bilstein memiliki banyak jenis yang semuanya memiliki karakteristik cukup keras.

Jenisnya antara lain BMW 3 series, BMW 1 series, BMW 5 series, BMW X5, Volvo S70, Mercedes W203, Mercedes Tiger W123, Mercedes 300E W124, Toyota Kijang Innova, Isuzu Panther, Toyota Avanza, Toyota Kijang Kapsul, dan Toyota Fortuner.

Grade lain, seperti Bilstein B8, juga tersedia khusus untuk mobil sporty. Harga minimal shockbreaker Bilstein adalah Rp 1 juta, dan harga tertinggi Rp 6 juta. Varian paling mahal sering menggunakan mobil mewah seperti Mercedes Benz dan BMW. Meskipun Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang, kualitas Bilstein tidak akan mengecewakan Anda.



2. Kayaba Ultra
3 Rekomendasi Shockbreaker Mobil Terbaik nan Empuk


Shockbreaker Kayaba Ultra yang merupakan jenis heavy duty. Artinya, shockbreaker ini dirancang untuk kendaraan yang sering menampung beban berat atau kendaraan pribadi yang sering melalui medan yang non-aspal dan rusak parah.

Karakteristik utama dari Kayaba Ultra adalah memiliki bantingan yang esktra keras dengan pengisi berupa gas 75% dan oli 25%. Saat ditarik kedua ujungnya, Kayaba Ultra akan terasa berat karena efek dari double action yang diusung.

Sebagai shockbreaker heavy duty, ketangguhan yang dimiliki tergolong sangat kuat sehingga membuat kendaraan yang aktifitasnya berat menjadi lebih awet. Namun, untuk kendaraan pribadi jenis MPV yang hanya dipakai di jalanan kota, Kayaba Ultra tidak cocok.

Jika ingin menggunakan shockbreaker mobil Kayaba yang cocok untuk penggunaan ringan, sebaiknya pilih Kayaba Premium. Tipe ini tergolong single action karena hanya berat saat ditarik dan ringan saat ditekan.

Karakteristik shockbreaker mobil jenis ini adalah cenderung empuk, sehingga saat mobil melewati jalan berlubang, jalan yang kasar akan terasa memantul. Oleh sebab itu, shockbreaker yang didominasi oleh oli ini tidak sesuai jika dipasang pada kendaraan coil spring yang sering mengangkut banyak muatan.

Nantinya, kendaraan akan kandas saat melewati jalan yang bergelombang atau polisi tidur. Selain itu, suspensi kendaraan yang terlalu memantul akan membuat muatan terancam jatuh apalagi jika terlalu penuh.



3. Kayaba Excel-G
3 Rekomendasi Shockbreaker Mobil Terbaik nan Empuk


Spesialisasi dari shockbreaker mobil Kayaba Excel-G ini adalah untuk penggunaan jarak jauh baik itu kendaraan pribadi maupun kendaraan niaga. Karakteristik bantingan Kayaba Excel-G tergolong keras namun intensitasnya masih di bawah Kayaba Ultra. Namun, sama-sama termasuk jenis double action.

Material pengisinya terdiri dari dua jenis yaitu gas yang kisarannya antara 40 hingga 50% dan oli yang berkisar antara 50 hingga 60%. Alasan Kayaba Excel-G cocok menunjang kendaraan jarak jauh adalah karakteristik suspensi yang keras namun tetap empuk sehingga mampu mencegah bodyroll kendaraan. Selain itu, Kayaba Excel-G mampu menjaga performa dan stabilitas kendaraan.

Namun, tidak semua jenis kendaraan cocok dengan shockbreaker mobil ini. Sebagai contoh, kendaraan pribadi jenis LCGC tidak disarankan menggunakan Kayaba Excel-G karena bobot yang dimiliki LCGC tergolong sangat ringan sehingga Anda sebagai pengendara akan merasakan bantingan keras setiap melalui medan yang kurang bersahabat.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)