Mengenal Engine Mounting Beserta Fungsinya, Pemilik Mobil Wajib Tahu!

Sabtu, 12 Maret 2022 - 14:21 WIB
loading...
Mengenal Engine Mounting Beserta Fungsinya, Pemilik Mobil Wajib Tahu!
Engine mounting merupakan salah satu komponen pada mobil yang jarang diketahui pemilik kendaraan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Engine mounting merupakan salah satu komponen pada mobil yang jarang diketahui pemilik kendaraan. Padahal engine mounting berfungsi sebagai penyangga rangka body mobil untuk menahan atau meredam getaran dari mesin agar tidak masuk ke kabin.

Komponen engine mounting memiliki peran yang sangat besar bagi kenyamanan pengendara saat berkendara. Hal tersebut dikarenakan engine mounting mampu menahan getaran dari mesin, sehingga mobil tidak mengalami getaran berlebih saat digunakan.

Karena perannya yang cukup penting bagi kenyamanan saat berkendara, sebagai pemilik mobil, Anda harus selalu memeriksa kondisi engine mounting secara berkala.



Pemilik mobil harus mengetahui penyebab yang bisa merusak komponen engine mounting seperti kondisi karet engine mounting yang sudah retak, hingga beban yang terlalu besar untuk ditahan oleh komponen ini.

Pemasangan engine mounting pada mobil dipasang pada sasis mobil dengan jumlah minimal 2 sampai 4. Semakin banyak yang dipasang, maka semakin bagus perannya untuk meredam getaran pada mobil.

Dilansir dari laman Suzuki, (Sabtu, 12/3/2022), fungsi utama dari engine mounting adalah menahan getaran dari mesin mobil. Getaran pada mobil tersebut berasal dari mesin yang sedang bekerja.

Getaran berlebih pada mobil akan menimbulkan ketidaknyamanan di dalam ruang kabin, sehingga engine mounting dibutuhkan untuk meredam getaran berlebih dari mesin.



Selain menjadi peredam dan menahan getaran dari mesin mobil, engine mounting juga berfungsi menjaga komponen mesin mobil agar tetap menempel dengan sasis. Ini untuk menghindari kerusakan mesin yang mungkin terjadi akibat komponen yang tidak menempel pada sasis dengan benar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2414 seconds (0.1#10.140)