Ini Cara Membersihkan Jok Mobil yang Berjamur dengan Mudah

Senin, 21 Maret 2022 - 15:04 WIB
loading...
Ini Cara Membersihkan Jok Mobil yang Berjamur dengan Mudah
Cara membersihkan jok mobil yang berjamur bisa dilakukan sendiri di rumah. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Cara membersihkan jok mobil yang berjamur bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mengetahui bahan yang digunakan pada jok mobil Anda. Dengan mengetahui bahan jok mobil dan penyebab jamur, Anda bisa membersihkan dengan mudah sehingga jok kembali bersih.

Jok mobil adalah salahsatu bagian kendaraan yang paling penting dalam urusan kenyamanan berkendara. Namun, sebagai benda yang terbuat dari kain dan busa, jok mobil lumayan sering diserang oleh jamur yang disebabkan kelembaban yang berlebihan.

Dengan berbagai macam jenis kain jok, ada berbagai macam cara membersihkan pula yang bisa dilakukan. Berikut ini MNC Portal rangkumkan kiat-kiat membersihkan jok mobil yang berjamur untuk beberapa jenis jok mobil.

1. Kulit Sintetis

Membersihkan jok mobil berjamur untuk bahan kulit sintetis terbilang cukup mudah. Ketika kain jok terlihat mulai memunculkan bercak-bercak jamur, cukup basahi kain halus dengan air hangat dan usapkan di seluruh permukaan secara merata dan keringkan. Bila ada jamur yang membandel, bisa juga mencampurkan air hangat dengan sampo bayi yang tidak terlalu keras.



2. Kulit

Membersihkan jok mobil berjamur untuk bahan kulit biasanya membutuhkan barang khusus. Kulit adalah bahan pelapis jok yang seringkali didapati dalam mobil-mobil mahal. Sebagai bahan yang bernilai premium, jok kulit juga membutuhkan perawatan istimewa dalam bentuk cairan-cairan khusus yang disesuaikan dengan tipe kulit jok; biasanya sangat ampuh untuk bersihkan jamur.

3. Beludru

Membersihkan jok mobil berjamur untuk bahan beludru bisa menggunakan cairan semprot dan juga sikat berbulu halus untuk menggosok noda sampai menghilang. Perlu diingat, sebagai bahan yang rapuh, menyikat beludru tak bisa sembarangan; hindari menggosok dua arah, lalu cepat-cepat keringkan dengan lap dan jemur di tempat dengan panas langsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2474 seconds (0.1#10.140)