Ban Mobil Benjol, Bukan Hanya Tak Nyaman tapi Juga Berbahaya

Kamis, 24 Maret 2022 - 13:22 WIB
loading...
Ban Mobil Benjol, Bukan Hanya Tak Nyaman tapi Juga Berbahaya
Ban mobil benjol harus segera ditangani dan jangan sampai dibiarkan karena akan sangat berbahaya. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Ban mobil benjol jangan dianggap remeh. Selain membuat tidak nyaman juga bisa membahayakan. Benjolan yang tiba-tiba muncul di ban mobil justru bukan terjadi tanpa sebab.

Ban mobil benjol merupakan salah satu permasalahan yang bisa terjadi pada ban yang kurang mendapat perawatan. Dilansir dari laman resmi Suzuki, (Kamis, 24/3/2022), ban mobil benjol pada umumnya disebabkan karena benang ban yang putus. Alhasil ban tidak lagi memiliki penahan pada sisi kanan dan kiri.

Jika kondisi itu dibiarkan, maka ketika ban mobil diisi angin maka tekanan angin akan menekan karet samping ban. Di situlah akhirnya muncul benjolan pada ban.

Baca juga : Maskeran Lagi, Aura SPG Bangkok Motor Show Masih Tetap Seksi dan Menggoda

Untuk lebih lengkapnya, berikut ulasan mengenai penyebab ban mobil benjol. Yuk, cermati apa saja

Ban Mobil Benjol, Bukan Hanya Tak Nyaman tapi Juga Berbahaya


1. Pengisian Tekanan Angin pada Ban yang Tidak Tepat

Penyebab pertama dari ban mobil benjol adalah karena pengisian tekanan angin pada ban tidak tepat. Pengisian yang berlebihan atau tidak memenuhi standar yang ditetapkan merupakan penyebab utama ban mobil benjol. Baik itu kurang dari standar atau pun lebih dari ketentuan.

Pada ban yang kekurangan angin, ban mobil berpotensi benjol karena adanya hantaman benda-benda keras dan tajam saat mobil berjalan. Sebut saja seperti batu, trotoar, dan lainnya. Hal itu membuat benang pada ban mobil rusak dan berakhir dengan munculnya benjolan pada ban.

Bagi ban yang tekanan anginnya lebih dari standar juga akan merasakan hal yangsama. Ban akan mengalami masalah ditambah dengan cuaca panas yang menjadikan tekanan pada ban meningkat. Tidak hanya benjol, ban juga bisa meletus karena tekanan angin berlebih dan paparan cuaca panas.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2717 seconds (11.252#12.26)